Chili Konfirmasi Kasus Pertama Varian Omicron

fea | CNN Indonesia
Minggu, 05 Des 2021 05:35 WIB
Chili menemukan seorang pelancong terinfeksi varian Omicron setelah mengunjungi Ghana. Ilustrasi. (iStockphoto/DMEPhotography)
Jakarta, CNN Indonesia --

Chili mengungkap pada Sabtu (4/12) bahwa varian baru SARS-CoV-2, Omicron, terdeteksi di negara mereka. Varian ini disebut dibawa pengunjung pada bulan lalu dari Ghana.

AFP menjelaskan, pelancong itu negatif Covid-19 melalui tes PCR, namun pengujian lanjutan sesuai prosedur kedatangan di bandara membuktikan positif. Seseorang yang tidak diungkap identitasnya itu sudah mendapatkan dua dosis vaksin Pfizer dan terlihat dalam kondisi sehat.

Pengunjung itu saat ini menjalani isolasi sejak tiba di Chili.

Sebelum Chili, Zambia juga sudah melaporkan kasus pertama varian Omicron. Menurut otoritas setempat ada tiga pasien terkonfirmasi positif pada pekan lalu.

Sejauh ini berbagai negara sudah menyatakan menemukan Omicron, di antaranya yakni India, Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, Singapura, Malaysia, India, Australia, dan Belanda.

Omicron adalah varian baru yang memunculkan kekhawatiran sebab mutasinya dilaporkan terbanyak dibanding varian lain. Afrika Selatan dipahami sebagai tempat Omicron merebak untuk pertama kalinya.

Sampai saat ini para ilmuwan masih mempelajari Omicron untuk memastikan apakah varian ini lebih menular dari varian lain, menyebabkan penyakit lebih parah, atau bisa menyalip efek yang ditimbulkan varian Delta.

(fea/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER