Inggris Deteksi Penularan Lokal Covid Varian Omicron

CNN Indonesia
Selasa, 07 Dec 2021 18:38 WIB
Menteri Kesehatan Inggris, Sajid Javid, mengatakan bahwa sudah ada penularan lokal Covid-19 varian Omicron di negaranya. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan Inggris, Sajid Javid, mengatakan bahwa sudah ada penularan lokal Covid-19 varian Omicron di negaranya.

Javid mengatakan, sekarang ada 261 kasus baru varian Omicron di Inggris, 71 di Skotlandia, dan 4 lainnya di Wales. Dengan demikian, total kasus varian tersebut mencapai 336.

"Ini termasuk kasus yang tak berkaitan dengan perjalanan ke luar negeri, jadi kami bisa menyimpulkan ada penularan lokal di kalangan masyarakat di beberapa wilayah Inggris," kata Javid seperti dikutip Reuters, Selasa (7/12).


Meski kasus varian Omicron bertambah, Javid menegaskan kepada parlemen bahwa tak ada aturan pencegahan yang akan diubah. Javid juga menilai terlalu dini mengatakan varian itu bisa mengganggu proses pemulihan Inggris.

Saat ini, Inggris masih menerapkan aturan wajib tes Covid-19 aturan bagi semua pendatang yang ingin masuk negara itu. Selain itu, pendatang yang tiba dari Nigeria, Afrika Selatan, dan 9 negara lain di Afrika harus menjalani karantina di hotel demi mencegah penyebaran varian Omicron lebih luas.

Guna mendukung aturan tersebut, jumlah ruangan hotel yang tersedia untuk karantina pendatang asing akan ditambah dua kali lipat pekan ini.

Meski ilmuwan masih meneliti lebih lanjut mengenai karakteristik Omicron, varian itu kini kini menyebar luas di berbagai negara dan menjadi ancaman baru bagi dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga sudah memasukkan Omicron ke dalam kategori Variant of Concern atau varian yang sangat diperhatikan.

(isa/has)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER