Uni Emirat Arab Ubah Libur Akhir Pekan, Tak Lagi Jumat-Sabtu

CNN Indonesia
Rabu, 08 Dec 2021 07:45 WIB
Pemerintah Uni Emirat Arab mengubah libur akhir pekan di negara tersebut dari Jumat-Sabtu menjadi Sabtu-Minggu. Uni Emirat Arab ubah libur akhir pekan menjadi Sabtu-Minggu. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Uni Emirat Arab (UEA) mengubah libur akhir pekan di negara tersebut dari Jumat-Sabtu menjadi Sabtu-Minggu.

Mengutip dari AP, penerapan libur akhir pekan yang baru itu mulai berlaku per Januari 2022. Perubahan itu dilakukan agar hari kerja dari Senin hingga Jumat menyesuaikan dengan jadwal aktivitas internasional.

Dengan kebijakan itu, UEA akan menjadi segelintir dari negara-negara di Timur Tengah yang memiliki libur akhir pekan pada Sabtu-Minggu.


Sebelumnya, ada pula Lebanon dan Turki yang menerapkan hari-hari kerja dari Senin hingga Jumat.

Sementara tetangga UEA seperti Arab Saudi, Bahrain, dan Qatar masih menerapkan libur akhir pekan pada Jumat-Sabtu.

Meski demikian, UEA akan menerapkan jam kerja setengah hari pada Jumat untuk pegawai pemerintah demi tetap menghormati hari yang dianggap suci bagi umat Islam.

Rencana yang telah lama dirumorkan itu diwujudkan untuk mendongkrak daya tarik bisnis dan wisata negara tersebut terutama di dua kota andalan, Dubai dan Abu Dhabi. Terlebih, UEA tengah mencoba membangkitkan geliat ekonomi dari krisis pandemi Covid-19 untuk bersaing ketat dengan Arab Saudi.

Dubai dengan gedung-gedung pencakar langit yang semakin menjamur telah menarik berbagai perusahaan multinasional selama bertahun-tahun.

"Pekan kerja yang baru akan membawa UEA ke dalam keselarasan yang lebih dekat dengan perdagangan global secara nyata dan transaksi berbasis komunikasi," demikian pernyataan pemerintah.

Pemerintah UEA juga menekankan bahwa jadwal baru ini bertujuan untuk mengarahkan gaya hidup yang lebih fleksibel, aman dan menyenangkan yang ditawarkan negara itu kepada warga dan pendatang lain.



(AP/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER