Angela Merkel Pensiun dari Kanselir Jerman Setelah 16 Tahun

AFP | CNN Indonesia
Rabu, 08 Dec 2021 22:06 WIB
Kanselir Jerman Angela Merkel serahkan kekuasannya pada Olaf Scholz. Ia melepaskan jabatan kanselir setelah 16 tahun lamanya. Kanselir Jerman Angela Merkel serahkan kekuasannya pada Olaf Scholz. Ia melepaskan jabatan kanselir setelah 16 tahun lamanya. (Foto: Michael Kappeler / POOL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Angela Merkel serahkan jabatan kanselir pada politisi Olaf Scholz. Ia melepaskan jabatan kanselir setelah 16 tahun lamanya.

AFP melaporkan bahwa Angela Merkel telah meninggalkan kantornya di Berlin dengan iring-iringan mobil.

Merkel yang menggunakan masker duduk di belakang mobil Audi seraya karyawan kanselir bertepuk tangan untuknya setelah empat masa jabatan berturut-turut.


Olaf Scholz dilantik sebagai kanselir Jerman pada hari Rabu (8/12), mengakhiri 16 tahun pemerintahan konservatif Angela Merkel dan membuka jalan bagi pemerintah koalisinya yang berjanji untuk meningkatkan investasi hijau dan memperkuat persatuan Eropa.

Scholz yang berusia 63 tahun sebelumnya selama empat tahun terakhir menjabat sebagai wakil kanselir dan menteri keuangan dalam koalisi bersama Merkel. Ia memenangkan mayoritas 395 suara dari anggota parlemen.

Scholz melambaikan tangan sambil disambut tepuk tangan meriah dari anggota parlemen dan menerima karangan bunga serta sekeranjang apel.

German Chancellor Olaf Scholz gives a bouquet of flowers to his predecessor Angela Merkel after she handed him over the office at the Chancellery in Berlin on December 8, 2021. - Members of the parliament elected Olaf Scholz as the country's next Chancellor, ushering in a new political era with the centre-left in charge. Together with the Greens and the liberal Free Democrats, Scholz's SPD managed in a far shorter time than expected to forge a coalition that aspires to make Germany greener and fairer. (Photo by John MACDOUGALL / AFP)Kanselir Jerman Angela Merkel serahkan kekuasannya pada Olaf Scholz. Ia melepaskan jabatan kanselir setelah 16 tahun lamanya. (Foto: AFP/JOHN MACDOUGALL)

Ia lantas kembali ke gedung Reichstag yang bersejarah di jantung ibukota Jerman untuk disumpah jabatan di depan anggota parlemen dan menjadi kanselir kesembilan Jerman sejak akhir Perang Dunia II.

Di momen tersebut Scholz bersumpah untuk mengabdikan tenaganya untuk kesejahteraan rakyat Jerman.

Beberapa waktu sebelumnya, Merkel secara resmi menyerahkan kanselir kepada Scholz dan berharap dia "tetap teguh" ketika Jerman menghadapi gelombang keempat Covid-19.

Dalam pidato singkatnya, Scholz memuji Merkel sebagai kanselir yang hebat dan berterima kasih padanya untuk hubungan yang dekat dan saling percaya selama beberapa tahun terakhir.

"Saya ingin membangun mentalitas Jerman timur laut, jika boleh saya katakan demikian, yang telah berkuasa di sini sejauh ini. Tidak banyak yang akan mengubahnya dalam hal ini," kata Scholz.

Scholz sendiri merupakan negosiator berpengalaman serta politisi veteran yang pernah menjabat sekretaris jenderal partai SPD dari 2002 hingga 2004.

(AFP/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER