PM Finlandia Minta Maaf 'Clubbing' usai Kontak dengan Pasien Covid

has | CNN Indonesia
Kamis, 09 Dec 2021 13:04 WIB
PM Finlandia, Sanna Marin, minta maaf usai menuai kritik akibat berpesta di kelab malam, padahal baru kontak dengan menteri yang teridentifikasi positif Covid. PM Finlandia, Sanna Marin, minta maaf usai menuai kritik akibat berpesta di kelab malam, padahal baru kontak dengan menteri yang teridentifikasi positif Covid. (AFP/Alain Jocard)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perdana Menteri Finlandia, Sanna Marin, minta maaf setelah menuai kritik akibat ketahuan berpesta di kelab malam, padahal baru saja kontak dengan salah satu menteri yang teridentifikasi positif Covid-19.

Melalui unggahan panjang di akun Facebook resminya, Marin menjelaskan kronologi hingga ia bisa menghabiskan malam Minggu lalu di salah satu kelab malam di Helsinki, beberapa jam setelah Menteri Luar Negeri, Pekka Haavisto, terdeteksi terinfeksi corona.

Menurutnya, seorang pejabat mengatakan kepadanya bahwa aturan tak mengharuskan dia isolasi mandiri meski sempat kontak dengan orang yang terinfeksi virus corona.


"Saya seharusnya menilai lebih baik dan mengecek ulang arahan yang diberikan kepada saya. Saya sangat minta maaf karena tak memahami bahwa saya harus melakukan itu," tulis Marin, sebagaimana dikutip AFP.

Tak hanya ke kelab malam, Marin juga mengaku sempat makan di luar, berbelanja di pusat kota, bertemu teman, sebelum akhirnya menghabiskan malam di kelab tersebut.

Marin langsung menjadi perhatian ketika salah satu majalah gosip mengunggah fotonya ketika sedang berpesta hingga pukul 04.00 waktu setempat.

Jajak pendapat stasiun televisi MTV3 menunjukkan dua pertiga responden menganggap Marin membuat "kesalahan serius."

Sejumlah pihak di oposisi juga menuding Marin berpotensi melanggar aturan Covid-19 karena tak membaca pesan teks yang dikirimkan kepadanya. Menurut mereka, pesan itu memuat peringatan agar Marin mengisolasi diri.

[Gambas:Video CNN]

Menteri Keuangan Finlandia, Annika Saariko, yang merupakan kader partai koalisi, Partai Tengah, tak mengkritik Marin secara blak-blakan.

Namun, Saariko mengatakan kepada surat kabar Helsingin Sanomat bahwa ia "senang berada di rumah" saat menerima pesan untuk isolasi. Saariko juga langsung membatalkan semua rencananya di keesokan harinya.

Finlandia sendiri sebenarnya termasuk negara dengan tingkat infeksi corona yang rendah di Eropa. Selama pandemi, mereka melaporkan 196 ribu kasus dengan 1.384 kematian, sementara populasi keseluruhan di Finlandia mencapai 5,5 juta.

Meski demikian, kasus Covid-19 di Finlandia belakangan ini sedang tinggi. Mereka bahkan melaporkan rekor 308 kasus per 100 ribu orang pekan lalu. Finlandia juga sudah mendeteksi delapan kasus Covid-19 varian Omicron.

(has/has)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER