Utusan Putin Temui Jokowi, RI-Rusia Kerja Sama Keamanan Informasi

CNN Indonesia
Selasa, 14 Des 2021 06:05 WIB
RI dan Rusia akan memastikan kerja sama keamanan informasi internasional terkait kunjungan utusan Vladimir Putin, Nikolay Patrushev, di Istana Negara. Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia Nikolay Patrushev menemui Presiden RI Joko Widodo. (Dok Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia Nikolay P. Patrushev di Istana Negara, Jakarta. Patrushev dikenal sebagai salah satu orang kepercayaan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kerja sama antara Indonesia dengan Rusia akan meliputi keamanan informasi internasional. Kerja sama itu rencananya difinalisasi Selasa (15/12).

"Presiden menyambut baik penandatanganan MoU kerja sama bidang keamanan informasi internasional antara Indonesia dan Rusia yang akan dilakukan oleh Menko Polhukam dan Secretary Patruchev besok," kata Retno usai pertemuan, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (13/12).

Pada pertemuan itu, Jokowi meminta dukungan Rusia pada Presidensi G20. Jokowi juga mengharapkan dukungan Rusia saat Indonesia memimpin ASEAN di tahun 2023.

Retno menyebut pertemuan dengan Patrushev juga menegaskan komitmen Indonesia dalam perdamaian dunia. Dia menyebut Indoensia membuka komunikasi dengan berbagai pihak untuk membangun kepercayaan strategis.

"Strategic trust ini diperlukan untuk membangun dunia yang damai, stabil, dan sejahtera. Indonesia memiliki komitmen yang sangat tinggi untuk berkontribusi menciptakan dunia yang damai, stabil, dan sejahtera," tuturnya.

Terpisah, Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia menyampaikan komitmen dalam mendukung Indonesia. Rusia menyoroti peran Indonesia dalam pembangunan ASEAN.

"Nikolay Patrushev menekankan komitmen Rusia untuk melestarikan arsitektur keamanan moderen di wilayah Asia-Pasifik dan mengapresiasi pendekatan konstruktif yang dilakukan Jakarta dalam menjalankan peran sebagai koordinator dialog Rusia-ASEAN," dikutip dari keterangan tertulis Kedubes Rusia untuk Indonesia.



(bac/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER