Nigeria Akan Musnahkan 1 Juta Dosis Vaksin Covid Kedaluwarsa

CNN Indonesia
Selasa, 14 Des 2021 05:27 WIB
Nigeria akan memusnahkan sekitar satu juta vaksin covid-19 yang kedaluwarsa. Vaksin merupakan sumbangan negara barat. Nigeria akan memusnahkan sekitar satu juta vaksin covid-19 yang kedaluwarsa. Vaksin merupakan sumbangan negara barat. Ilustrasi. (iStockphoto/Vladans).
Jakarta, CNN Indonesia --

Nigeria akan memusnahkan sekitar satu juta vaksin covid-19 yang kedaluwarsa. Mengutip Reuters, Selasa (14/12), Kepala Badan Pengembangan Perawatan Kesehatan Primer Nasional (NPHCDA) Faisal Shuaib mengatakan pihaknya tengah berkoordinasi dengan regulator obat NAFDAC untuk menetapkan tanggal pemusnahan vaksin itu.

Menteri Kesehatan Nigeria Osagie Ehanire beberapa waktu lalu mengatakan beberapa dosis vaksin covid-19 yang disumbangkan oleh negara barat memang memiliki masa simpan yang tersisa  hanya dalam beberapa minggu.

Itu memberikan tantangan Nigeria dalam memvaksinasi rakyatnya. Pasalnya, di tengah masa simpan yang pendek, kurang dari 4 persen orang dewasa di negara berpenduduk lebih dari 200 juta jiwa yang telah divaksinasi lengkap.

Shuaib mengatakan karena masalah itu, Nigeria tidak akan lagi menerima vaksin yang umur simpannya pendek.

Sebagai informasi, sebelum Nigeria mengutarakan rencana mereka memusnahkan vaksin kedaluwarsa, pekan lalu, Reuters melaporkan satu juta vaksin covid-19 telah kadaluarsa sebelum digunakan.

Namun, Direktur Vaksin Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Kate O'Brien beberapa waktu lalu mengatakan proporsi vaksin yang terbuang lebih kecil di negara-negara yang menerima dosis melalui COVAX daripada di banyak negara berpenghasilan tinggi.

(reuters/agt)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER