Krisis Korut, Tentara Membangkang Hingga Harga Minyak Goreng Melonjak

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 08 Jan 2022 08:10 WIB
Korea Utara disebut mengalami krisis dalam beberapa bulan terakhir. Berikut update Korea Utara. Foto: via REUTERS/KCNA
Jakarta, CNN Indonesia --

Korea Utara disebut mengalami krisis dalam beberapa bulan terakhir. Mulai dari harga barang yang melonjak sampai tentara yang membangkang membuat hidup masyarakat negara itu kian sulit.

Salah satu pemicu krisis ini adalah penutupan jalur perdagangan antara China dan Korut sejak pandemi melanda. China merupakan satu-satunya mitra Korut di dunia internasional.

Selain itu, sanksi internasional yang dijatuhkan pada Pyongyang karena aktivitas rudal dan nuklir membuat negara itu bergantung pada Beijing.


Pembangkangan Tentara Militer Korut

Akibat krisis ekonomi yang menimpa Korut, pembangkangan dalam tubuh militer meningkat. Dalam tiga bulan terakhir di 2021, ada sepuluh tentara yang melawan atasan mereka, tutur seorang pejabat militer di Hamgyong Utara kepada Radio Free Asia.

"Di akhir November, seorang perwira tingkat kompi dari Divisi ke-45 di bawah Korps ke-9 terus meminta izin atasan batalionnya untuk menyelesaikan masalah keluarga dan masalah kesehatannya sendiri, tetapi ketika ia diabaikan, ia melawan komandannya dengan senjata saat mabuk," kata sumber tersebut pada 20 Desember lalu. 

Sumber ini juga bercerita, ada perwira tingkat kompi yang memiliki masalah personal dan mencoba meminta bantuan atasannya. Namun, seniornya mengabaikan permintaan perwira kompi ini dan membuatnya melakukan percobaan bunuh diri dengan kabel komunikasi.

Sumber militer ini menilai, maraknya pembangkangan dalam lembaganya merupakan imbas dari ekonomi Korut yang semakin buruk. Di sisi lain, ada sumber lain yang menilai ekonomi buruk ini menyebabkan kasus perpeloncoan antar tentara semakin sering terjadi.

"Pemukulan di militer semakin parah dalam akhir-akhir ini, dan masalah tersebut sangat berhubungan dengan kondisi kehidupan yang buruk bagi tentara mengingat pemberian pemerintah kepada mereka semakin berkurang," ujar sumber lain itu.

Harga Minyak Goreng di Korut Melonjak Rp718 Ribu

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER