3 Etnis Minoritas yang Jadi Target Persekusi China

CNN Indonesia
Sabtu, 15 Jan 2022 08:11 WIB
Tak hanya etnis minoritas Muslim Uighur, beberapa etnis minoritas lainnya di China juga menjadi target persekusi dan pengucilan sistematis. Sekelompok pria Muslim tengah berbuka puasa bersama di sebuah masjid di Xinjiang, China. (Foto: REUTERS/THOMAS PETER)
Jakarta, CNN Indonesia --

Baru-baru ini, seorang pria Tibet di China ditahan akibat menentang kebijakan pengajaran Bahasa Mandarin di sekolah-sekolah daerahnya.

Loten, pria 23 tahun, ditahan setelah menuliskan keluhan di media sosial soal penggunaan bahasa Mandarin yang menggantikan bahasa lokal di Tibet di sekolah-sekolah.

Kejadian ini merupakan satu dari sekian peristiwa persekusi yang kerap dialami sejumlah etnis minoritas di China.


Berikut tiga etnis yang kerap menjadi sasaran ka merasakan tindakan represi yang dilakukan oleh otoritas China.

1. Tibetan atau Tibet

Sejak kerusuhan 2008, China memperkuat kendali mereka atas Tibet, daerah otonomi di selatan. Salah satunya dengan mengeluarkan larangan-larangan terkait praktik budaya, bahasa, dan agama di Tibet.

Aturan ketat ini memicu banyak protes dari masyarakat Tibet yang merasa didiskriminasi oleh otoritas China.

Pada 2014, seorang artis Tibet divonis empat tahun penjara karena membawakan lagu yang liriknya berisi soal persatuan Tibet dan menyerukan warga untuk belajar bahasa Tibet. Di tahun yang sama, sebuah acara lokal juga dilaporkan diberhentikan paksa akibat mempromosikan bahasa Tibet di hari peringatan bahasa ibu internasional.

Baru-baru ini, China bahkan menerapkan Bahasa Mandarin sebagai pengantar wajib di sekolah-sekolah Tibet. Dikutip Radio Free Asia, banyak sekolah swasta Tibet di Sichuan yang ditutup dan anak-anak sekolah dikirim paksa ke sekolah pemerintah untuk diajarkan bahasa Mandarin.

2 etnis minoritas lainnya dapat dibaca di halaman berikutnya >>>

 

3 Etnis Minoritas yang Jadi Target Persekusi China

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER