Maroko Vonis Dosen Cabul Dua Tahun Penjara

CNN Indonesia
Jumat, 14 Jan 2022 00:26 WIB
Pengadilan Maroko menjatuhkan hukuman dua tahun penjara kepada dosen cabul di Fakultas Ekonomi, Universitas Hassan I. Foto ilustrasi. Pengadilan Maroko menjatuhkan hukuman dua tahun penjara kepada dosen cabul di Fakultas Ekonomi, Universitas Hassan I. (Istockphoto/menonsstocks)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengadilan Maroko menjatuhkan hukuman dua tahun penjara kepada dosen cabul di Fakultas Ekonomi, Universitas Hassan I. Ia didakwa dengan tuduhan menjual nilai demi kepuasan seksual terhadap para mahasiswinya, pada Rabu (12/1).

Menurut laporan media lokal yang dikutip Arab News, terdakwa dinyatakan bersalah atas "perilaku tidak senonoh, kekerasan dan pelecehan seksual."

Laporan tersebut bermula saat media Maroko mengetahui pesan bocor yang disebut antara dosen dan mahasiswa di media sosial.


Kasus itu menjadi vonis pertama dalam skandal "seks untuk nilai bagus" di Maroko sejak September.

Sementara itu, ada empat dosen lebih yang akan menjalani sidang di pengadilan hari ini dengan dakwaan yang sama, yakni hasutan pesta pora, diskriminasi gender dan kekerasan terhadap perempuan.

Serangkaian skandal pelecehan seksual tingkat tinggi telah mengguncang sejumlah universitas di Maroko dalam beberapa tahun terakhir. Namun sebagian kasus itu tak sampai ke persidangan, apalagi hukuman.

Beberapa kelompok hak asasi manusia mengatakan kekerasan seksual menyebar luas di Maroko, tetapi para perempuan takut untuk melaporkan karena berbagai alasan. Mulai dari ancaman balik hingga menjaga reputasi keluarga.

Pada 2018 lalu, Maroko mengubah Undang-undang sehingga pelaku kekerasan, pelecehan, eksploitasi seksual atau perlakuan buruk bisa dikenai hukuman penjara.

Meski demikian, sejumlah pihak menyebut aturan itu tak cukup mampu melindungi para korban, yang mayoritas perempuan.



(isa/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER