Dampak Erupsi di Tonga, Washington dan Oregon Dapat Peringatan Tsunami

CNN Indonesia
Sabtu, 15 Jan 2022 20:33 WIB
Tsunami akibat letusan gunung api bawah laut di Tonga, negara di kawasan Pasifik, sampai hingga ke Amerika Serikat. Ilustrasi gelombang tsunami. (Foto: Istockphoto/johnnorth)
Jakarta, CNN Indonesia --

Letusan gunung api bawah laut di Tonga, negara di kawasan Pasifik, memicu tsunami hingga ke Amerika Serikat.  

"Pusat Peringatan Tsunami Nasional telah mengeluarkan peringatan tsunami untuk Pantai Washington dan Oregon, karena letusan gunung berapi bawah laut yang besar di dekat Tonga sekitar pukul 830 malam Jumat PST (Pacific Standar Time)," kicau akun resmi Layanan Cuaca Nasional (NWS) Portland, Sabtu (15/1).

Senada, akun pemantau tsunami dan gempa, @EQTW, melaporkan peringatan tsunami dikeluarkan untuk California, Oregon, Washington, dan Alaska.


Tsunami itu merupakan dampak lanjutan dari letusan gunung api bawah laut Hunga Tonga-Hunga Haʻapai.

Gelombang tsunami pun sudah menghantam Tonga. Dikutip dari NZ Herald, rekaman video menunjukkan gelombang menyapu rumah, sejumlah properti, hingga gereja di Tonga. Sejauh ini belum ada kabar tentang korban jiwa atau luka.

Island Business melaporkan bahwa Raja Tonga Tupou VI telah dievakuasi dari Istana Kerajaan setelah tsunami membanjiri ibu kota Nuku'alofa, Sabtu (15/1).

Gelombang yang dihasilkan oleh gunung berapi membanjiri Nuku'alofa, membanjiri halaman Istana, tepi laut dan jalan utama.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengeluarkan "peringatan tsunami" untuk Samoa Amerika, mengatakan ada ancaman "fluktuasi permukaan laut dan arus laut yang kuat yang bisa menjadi bahaya di sepanjang pantai".

Peringatan serupa dikeluarkan oleh pihak berwenang di Selandia Baru, Fiji, Vanuatu dan Australia. Pihak berwenang mengatakan sejumlah garis pantai termasuk Sydney dapat terkena gelombang tsunami.

Warga di sekitar negara bagian New South Wales pun "disarankan untuk keluar dari air dan menjauh dari tepi air langsung".



(asa/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER