Tsunami Imbas Letusan Gunung Tonga, Puluhan Kapal di Jepang Tenggelam

CNN Indonesia
Minggu, 16 Jan 2022 13:50 WIB
Puluhan kapal di Jepang tenggelam akibat tsunami dan letusan gunung berapi bawah laut yang menghantam pantai Pasifik Jepang. Gunung api Tonga meletus. (AFP/MARY LYN FONUA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Puluhan kapal di Jepang tenggelam akibat tsunami yang terjadi di Tonga. Tsunami akibat letusan gunung berapi bawah laut itu menghantam pantai Pasifik Jepang pada Minggu (16/1) pagi waktu setempat.

Dilansir Japantimes, 14 kapal tenggelam di Prefektur Kochi dan 5 kapal terbalik di Prefektur Tokushima. Sementara itu, tidak ada korban yang dilaporkan akibat kejadian tersebut.

Badan Meteorolog mencatat tsunami 1,2 meter diamati terjadi di kota Amami pada Sabtu (15/1). Sementara itu, tsunami 1,1 meter terjadi di Prefektur Iwate pada Minggu (16/1) pada pukul 02.26 waktu setempat.


Menurut badan tersebut, tsunami kecil kurang dari 1 meter juga diamati di wilayah pantai Pasifik negara itu, dari Hokkaido ke Kyushu dan Okinawa.

Badan Penanggulangan Kebakaran dan Bencana mengatakan setidaknya 210.000 orang di tujuh prefektur, yaitu Aomori, Iwate, Miyagi, Chiba, Kochi, Miyazaki dan Kagoshima, diminta untuk menjauh dari pantai.

Pihak berwenang menghimbau agar penduduk pantai Pasifik Jepang untuk menjauh dari daerah tepi laut sampai peringatan tsunami dicabut.

Pemerintah Jepang juga bergegas memastikan keselamatan warga negara Jepang di Tonga. Menurut situs Kementerian Luar Negeri Jepang, ada 35 warga negara tersebut berada di Tonga per April 2020.

Tsunami Tonga bermula dari gunung berapi Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai yang meletus pertama kali pada Jumat (14/1). Letusan melemparkan gumpalan abu sejauh 20 km ke udara.

Letusan kedua terjadi kedua terjadi pada Sabtu (15/1) pada pukul 17.26 waktu setempat. Badan Meteorologi Australia mencatat gelombang tsunami setinggi 1,2 meter di dekat Nuku'alofa pada pukul 17.30 waktu setempat.

Sementara itu, Pasific Tsunami Warning Center melaporkan gelombang tsunami setinggi 0,8 meter (2,7 kaki), diamati dari alat pengukur di Nuku'alofa.

Sejumlah wilayah di sekitar Pasifik pun merilis peringatan tsunami menyusul peristiwa yang terjadi di Tonga. National Weather Service Seattle mengeluarkan peringatan tsunami untuk Pantai Pasifik AS.

Laguna Beach, California, AS, pun menutup semua pantainya. Begitu pula wilayah pantai lain, dermaga, pelabuhan yang mengaktifkan pusat operasi darurat menyusul peringatan tsunami.

Peringatan tsunami pun berlaku di sepanjang garis pantai Jepang. Akibat letusan gunung berapi Tonga, terpantau gelombang tsunami setinggi 1,2 meter menghantam Pulau Amami Oshima, prefektur Kagoshima. Diikuti juga dengan gelombang setinggi 1,1 meter di Pelabuhan Kuju, Prefektur Iwate.

(fby/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER