Kapal Bantuan Selandia Baru Tiba di Tonga, Bawa Air 250 Ribu Liter

CNN Indonesia
Jumat, 21 Jan 2022 22:28 WIB
Kapal angkatan laut Selandia Baru yang membawa bantuan 250.000 liter air tiba di Tonga pada Jumat (21/1), hampir sepekan setelah tsunami menerpa. Ilustrasi Tonga. (Satellite image ©2022 Maxar Technologies via AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapal angkatan laut Selandia Baru yang membawa bantuan 250.000 liter air tiba di Tonga pada Jumat (21/1), hampir sepekan setelah tsunami menerpa.

Komisi Tinggi Selandia Baru melaporkan, kapal HMNZS Aotearoa telah tiba di Ibu Kota Tonga, Nuku'alofa. Selain membawa pasokan air, kapal tersebut juga mengangkut peralatan desalinasi yang bisa menghasilkan 70.000 liter air sehari.

"Truk dari Kantor Manajemen Darurat Nasional telah mulai mengumpulkan dan mengirimkan pasokan air Aotearoa," tulis Komisi Tinggi di halaman Facebook-nya, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (21/1).


Bantuan air ini dikirimkan setelah tsunami melanda Tonga. Tsunami itu terjadi akibat letusan gunung api Hunga Tonga-HungaHa'apai pada Sabtu lalu. Tiga orang dilaporkan tewas akibat bencana tersebut.

Air asin dari tsunami dan hujan abu dilaporkan merusak sebagian besar sumber air di wilayah tersebut. Demi mendapatkan air bersih, warga Tonga harus membersihkan abu dari letusan gunung.

"Kami membersihkan abunya sejak Senin lalu. Semuanya sangat berdebu, dan kami kehabisan air," kata warga yang menjalankan bisnis toko botol dan sewa pancing di Nuku'alofa, Branko Sugar, kepada Reuters.

Branko bercerita, warga saat ini hanya memiliki air keran. Air tersebut telah sepenuhnya terkontaminasi abu dan garam laut.

"Kami hampir tidak bisa bernapas karena semua debu ini," tuturnya.

Sebelumnya, pesawat bantuan pertama dari Australia dan Selandia Baru sudah mendarat di Tonga pada Kamis (20/1) lalu. Pesawat ini membawa suplai air, tenda, alat kebersihan, alat komunikasi, dan generator listrik.

Selain itu, kapal Australia, HMAS Adelaide, juga dikabarkan sedang dalam perjalanan dari Brisbane dan diperkirakan akan tiba di Tonga pada pekan depan.

Sementara itu, satu pesawat bantuan dari Australia terpaksa kembali ke pangkalan karena salah satu kru pesawat terdeteksi positif Covid-19.

Karena kendala tersebut, bantuan yang dibawa pesawat itu pun terpaksa dipindahkan ke pesawat lain yang diberangkatkan pada Jumat.

(blq/has)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER