Alami Sesak Napas, Mahathir Mohamad Dirawat Lagi di RS Jantung

CNN Indonesia
Minggu, 23 Jan 2022 03:47 WIB
Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad dirawat kembali di Insitut Jantung Negara (IJN) Kuala Lumpur, setelah mengalami sesak napas pada pekan lalu. Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad dirawat kembali di Insitut Jantung Negara (IJN) Kuala Lumpur. (AFP/MOHD RASFAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Sekretaris Media Mahathir (SUA), Zakaria Abdul Wahab mengatakan mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad dirawat kembali di Insitut Jantung Negara (IJN) Kuala Lumpur.

Datuk Zack menyebut Mahathir masuk rumah sakit pada 7 Januari. Setelah mendapat perawatan, Mahathir diizinkan pulang pada 13 Januari. Namun, kata Datuk Zack, kondisi kesehatan Mahathir menurun dan mengalami sesak napas. Ia pun kembali dilarikan ke IJN.

"Saya akan cerita sedikit latar belakang Pak Mahathir sakit. Pada 7 Januari masuk rumah sakit katanya akan tukar 'baterai' dan selesai dilakukan kemudian keluar rumah sakit pada 13 Januari tetapi dua tiga hari kemudian sesak nafas sehingga dimasukkan ke IJN," katanya, Sabtu (22/1), dikutip Antara.


Datuk Zack menceritakan kronologi singkat kondisi Mahathir ini dalam acara doa bersama Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia dan Indonesia (ISWAMI) untuk kesembuhan Mahathir.

Doa bersama yang dimulai pukul 21.00 waktu setempat tersebut dipandu oleh Ketua ISWAMI Malaysia yang juga Direktur Utama Bernama, Mokhtar Hussain. Sedangkan pembacaan doa dan zikir dibawakan oleh Ustaz Asri Junin dari Kantor Berita Bernama.

Turut hadir dalam doa bersama di antaranya Ketua ISWAMI Indonesia yang juga mantan Pemimpin Umum LKBN Antara, Asro Kamal Rokan; Ketua Dewan Penasihat PWI dan pendiri ISWAMI, Ilhan Bintang; anggota Dewan Pers dan Wapimred TVOne, Totok Suryanto; wartawan senior Sindo, Pung Purwanto; serta wartawan senior Marah Sakti Siregar.

Sedangkan dari Malaysia nampak hadir mantan Pimred Bernama Zakaria Abdul Wahab, Zulkefli Hamzah (Utusan TV), Pimred Bernama, Khairdzir Md Yunus dan sejumlah wartawan.

Belakangan ini, kondisi kesehatan Mahathir sedang menjadi perhatian, terutama setelah ia menghabiskan beberapa hari untuk menjalani pemeriksaan di rumah sakit pada bulan lalu.

Sebelumnya, Mahathir memang memiliki masalah jantung. Ia pernah beberapa kali mengalami serangan jantung dan menjalani operasi bypass.

Mahathir merupakan Perdana Menteri Malaysia yang menjabat dua kali dalam rentang waktu berbeda. Pertama pada 1981 sampai 2003. Kemudian baru terpilih kembali pada 2018-2020. Ia menjadi PM untuk kedua kalinya pada usia 92 tahun.

(Antara/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER