RI Ambil Alih Ruang Kendali Udara di Natuna dari Singapura

CNN Indonesia
Senin, 24 Jan 2022 14:38 WIB
Indonesia dipastikan akan mengambil alih pelayanan ruang kendali udara (FIR)  di Pulau Bintan dan Natuna, Kepulauan Riau dari Singapura. Foto Pulau Natuna. Indonesia ambil alih kendali udara dari Singapura di Pulau Natuna. (Dok. Kementerian Pariwisata)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia dipastikan akan mengambil alih pelayanan ruang kendali udara (FIR) di Pulau Bintan dan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau dari Singapura.

Kabar tersebut dikonfirmasi Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto, kepada CNNIndonesia.com.

"Iya (benar), pelayanan oleh kita yang selama ini oleh Singapura, tapi detailnya nanti ya," tutur Novie menjawab pertanyaan CNNIndonesia.com soal kabar Indonesia ambil alih FIR.


Kabar soal Indonesia akan mengambil alih kendali layanan FIR juga dikonfirmasi Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah kepada CNNIndonesia.com.

"Hal ini akan disampaikan Bapak Presiden (Joko Widodo) besok sesuai pertemuan dengan PM Singapura (Lee Hsien Loong)," tulis Faizasyah dalam pesan singkat kepada CNNIndonesia.com.

Dengan demikian, Indonesia akan memiliki kendali terkait layanan informasi penerbangan di udara Natuna yang sebelumnya dipegang oleh Singapura.

Upaya negosiasi Indonesia dengan Singapura mengambil alih FIR sudah dilakukan sejak 1990-an hingga akhirnya bisa terwujud saat ini.



(well/pwn/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER