Total 108 Pesawat China 'Serbu' Taiwan sejak Awal Tahun

has | CNN Indonesia
Senin, 24 Jan 2022 17:57 WIB
China sudah mengerahkan setidaknya 108 pesawat militer ke zona identifikasi udara Taiwan sejak awal tahun ini. Ilustrasi pesawat China. (AP/Ng Han Guan)
Jakarta, CNN Indonesia --

China sudah mengerahkan setidaknya 108 pesawat militer ke zona identifikasi udara Taiwan (ADIZ) sejak awal tahun ini, membuat ketegangan di kawasan kian tinggi.

Taiwan News melaporkan bahwa China sudah mengerahkan pesawat untuk memasuki ADIZ bahkan di hari pertama tahun 2022. Militer Taiwan pun mengirimkan pesawat untuk mengusir jet China itu dan mengeluarkan peringatan melalui radio.

"Pesawat militer China di zona udara Taiwan di ketinggian 3.000 meter, hati-hati. Anda memasuki zona udara kami, memengaruhi keselamatan penerbangan kami. Berbaliklah dan pergi secepatnya," demikian bunyi peringatan radio tersebut.


Setelah itu, China rutin mengirimkan jet ke ADIZ. Hampir setiap hari, ada saja pesawat China yang masuk ADIZ, kecuali tanggal 3,9, dan 16. Terhitung hingga Jumat (21/1), China sudah mengirimkan 69 pesawat ke zona identifikasi udara Taiwan.

Dua hari kemudian, Minggu (23/1), Reuters melaporkan bahwa China mengerahkan jumlah pesawat terbanyak sepanjang tahun ini, yaitu mencapai 39 armada.

Kementerian Pertahanan Taiwan menyatakan, 39 pesawat China itu terdiri dari 34 jet tempur, empat pesawat perang elektronik, dan satu pesawat pengebom. Menurut Kemhan Taiwan, puluhan pesawat China itu terbang ke area timur laut Pratas.

Taiwan lantas mengerahkan pasukan udara mereka untuk mencegat puluhan pesawat militer China tersebut. Mereka bahkan menempatkan sistem rudal di posisi siaga untuk memantau pergerakan pesawat China itu.

China memang sudah kerap mengerahkan pesawat militer mereka ke ADIZ dalam beberapa tahun belakangan. Tahun lalu, China semakin getol mengirimkan jet ke wilayah udara Taiwan.

Ketegangan antara China dan Taiwan pun makin tinggi, apalagi ditambah dengan retorika para pejabat di panggung internasional. Selain itu, Taiwan juga terus memperkuat diplomasi mereka ke dunia luar.

Selama ini, China menganggap Taiwan masih menjadi bagian dari wilayah kedaulatan mereka di bawah prinsip "Satu China" yang diusung selama ini.

Namun, Taiwan terus bertekad untuk memisahkan diri. China pun selalu mengecam negara-negara yang berupaya membangun relasi resmi dengan Taiwan.



(has/has)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER