Pasukan Rusia 32 Kilometer dari Kiev, Perang Kota Bisa Terjadi

rds | CNN Indonesia
Jumat, 25 Feb 2022 11:15 WIB
Pasukan Rusia dilaporkan terus merangsek wilayah-wilayah utama Ukraina dan kini semakin mendekati Ibu Kota Kiev. Pasukan Rusia dilaporkan terus merangsek wilayah-wilayah utama Ukraina dan kini semakin mendekati Ibu Kota Kiev. (Foto: REUTERS/CARLOS BARRIA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pergerakan pasukan Rusia di Ukraina dilaporkan terus meluas hingga saat ini hanya berjarak 32 kilometer saja sebelum mencapai Ibu Kota Kiev. Perang kota bisa terjadi jika tentara Ukraina melakukan perlawanan.

Dalam rapat bersama Kongres pada Kamis (24/2) malam, pejabat senior Amerika Serikat mengatakan pasukan mekanik Rusia yang telah memasuki Ukraina melalui Belarus kini berada sekitar 32 kilometer saja dari Kiev.

Pergerakan militer Rusia itu berlangsung setidaknya pukul 18.30 waktu AS.

Dikutip CNN, para pejabat AS memprediksi pasukan Rusia lainnya yang telah memasuki Ukraina juga tengah berupaya menuju Kiev dengan tujuan mengepung ibu kota.

Pergerakan militer Rusia menuju Ibu Kota Kiev disebut-sebut berlangsung guna menggulingkan pemerintahan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Zelensky sendiri mengaku dia dan keluarganya menjadi target tentara Rusia. Namun, ia memastikan akan tetap berada di Ukraina meski menjadi sasaran Rusia.

Tiga ledakan besar juga kembali terdengar di Ibu Kota Kiev pada Jumat (25/2).

Kementerian Dalam Negeri Ukraina menyebut rentetan ledakan itu terjadi karena serangan rudal jelajah dan rudal balistik Rusia.

"Serangan rudal jelajah dan balistik Rusia terjadi lagi di Kiev," ujar pejabat Kementerian Dalam Negeri Ukraina.

(rds/rds)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER