Korut Beri Sinyal Siap-siap Uji Coba Nuklir dalam Waktu Dekat

rds | CNN Indonesia
Selasa, 29 Mar 2022 17:55 WIB
Surat kabar DongA Ilbo melaporkan para teknisi Korea Utara terdeteksi tengah menggali lorong baru di situs nuklir Punggye-ri. Surat kabar DongA Ilbo melaporkan para teknisi Korea Utara terdeteksi tengah menggali lorong baru di situs nuklir Korut, Punggye-ri. (Foto: via REUTERS/KCNA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Korea Utara digadang-gadang tengah berencana menguji coba senjata nuklir yang pertama sejak empat tahun terakhir dalam waktu dekat.

Surat kabar DongA Ilbo melaporkan para teknisi Korea Utara terdeteksi tengah menggali lorong baru di situs nuklir Punggye-ri.

Mengutip seorang pejabat keamanan Korut yang tak disebutkan namanya, koran tersebut melaporkan Korut diyakini akan menguji coba senjata nuklirnya paling cepat bulan depan.


Estimasi waktu uji coba senjata nuklir ini bertepatan dengan peringatan 110 tahun kelahiran kakeknya yang menjadi pendiri negara, Kim Il Sung.

Peneliti senior Lee Choon-geun di Institut Kebijakan Sains dan Teknologi Korea Selatan, mengatakan para ilmuwan terus memantau ketat pergerakan aktivitas di situs nuklir Punggye-ri.

Militer Korsel telah mendeteksi aktivitas di terowongan no.3 situs nuklir tersebut.

"Jika Korea Utara melaksanakan uji coba nuklir di terowongan ketiga itu, maka Pyongyang tengah menguji teknologi miniaturisasi hulu ledak nuklirnya untuk senjata nuklir taktis," kata Lee seperti dikutip dari The Straits Times, Selasa (29/3).

Lee menuturkan terowongan keempat di situs nuklir itu juga diyakini sedang dipersiapkan Korut untuk menguji perangkat termonuklirnya.

Kabar rencana uji coba nuklir ini datang beberapa hari setelah Kim Jong-un menguji teknologi rudal balistik antarbenua (ICBM) terbarunya, Hwasong-17.

Rudal "monster" itu diyakini para ahli sebagai rudal road-mobile terbesar dari jenisnya.

Korut terakhir kali menguji coba ICBM pada 2017.

Dalam uji coba ICBM terakhirnya, Kim Jong-unbersumpah akan membangun kekuatan militerKorea Utara secara luar biasa usai meluncurkan rudal antarbenua terbesar beberapa hari lalu.

"Hanya saat dilengkapi dengan kemampuan menyerang dan kekuatan militer yang luar biasa, seseorang tak akan dihentikan oleh siapa pun," ujar Kim, seperti dikutip media pemerintah Korut, KCNA.

Ia kemudian berujar, "Kami bisa mencegah perang, menjamin keamanan negara, mengendalikan segala ancaman, dan pemerasan dari kaum imperialis."

(rds/rds)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER