China Kirim Jet Tempur Tercanggih ke Laut China Selatan

CNN Indonesia
Jumat, 15 Apr 2022 21:08 WIB
Pemerintah China dilaporkan mulai mengirim pesawat tempur tercanggih mereka, J-20, untuk berpatroli di wilayah 'sengketa' seperti Laut China Selatan. Jet tempur J-20 melayang di udara saat dipamerkan oleh China beberapa waktu lalu. (AP/Ng Han Guan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah China dilaporkan mulai mengirim pesawat tempur tercanggih mereka, J-20, untuk berpatroli di wilayah 'sengketa' seperti Laut China Selatan dan Timur. Jet tempur itu pertama kali dipamerkan kepada publik melalui pameran Airshow China.

China kala itu mengaku terang-terangan telah mengganti mesin baru J-20 dengan atribut buatan dalam negeri, usai sebelumnya menggunakan mesin buatan Rusia.

"[Patroli jet tempur] itu dimaksudkan untuk 'menjaga keamanan wilayah udara dan kepentingan maritim China dengan lebih baik," kata seorang pakar militer kepada tabloid milik pemerintah, dilansir dari CNN, Jumat (15/4).

Juru Bicara produsen J-20 yang dikelola negara, Ren Yukun menambahkan pengerahan jet tempur itu merupakan rutinitas latihan bagi J-20 untuk mulai melakukan patroli lantaran sudah dipasang mesin buatan lokal.

Adapun seruan patroli menggunakan J-20 itu diumumkan hanya beberapa pekan setelah Komandan Angkatan Udara Pasifik AS Jenderal Amerika Serikat Kenneth Wilsbach menyatakan bahwa F-35 milik AS dan J-20 China saling berdekatan satu sama lain di wilayah laut China Timur.

Sebagaimana diketahui, laut Cina Timur dan Selatan telah lama menjadi wilayah yang diperebutkan, dengan masing-masing klaim teritorial yang tumpang tindih oleh banyak negara. China bahkan mengklaim hampir semua wilayah laut China Selatan sebagai wilayah kedaulatannya.

China bahkan telah membangun fasilitas militer mereka di sana, dengan mengubah pulau-pulau menjadi pangkalan militer dan lapangan terbang, dan diduga menciptakan milisi maritim yang jumlahnya bisa mencapai ratusan kapal.

Sementara itu di laut China Timur, China telah mengklaim kedaulatan atas Kepulauan Senkaku yang dikuasai Jepang yang juga dikenal sebagai Kepulauan Diaoyu. Dan dalam beberapa tahun terakhir, AS telah menegaskan kembali janjinya untuk mempertahankan pulau-pulau Jepang apabila terjadi agresi asing.

Para ahli kemudian mengatakan patroli dan pengerahan J-20 menunjukkan dua hal; kepercayaan diri China yang meningkat pada kemampuan militernya, dan peringatannya kepada negara-negara lain yang berkepentingan dalam sengketa teritorial.

Akademisi dari Griffith Asia Institute di Australia Peter Layton menilai patroli China itu ingin memberikan pesan kepada dunia. Selain itu, langkah China itu akan sarat politik, lantaran radius aksi J-20 yang luas berarti bisa berpatroli lebih jauh ke laut, atau menetap lebih lama di daerah seperti Laut China Timur.

"Setiap pesawat militer asing yang menyusup ke wilayah udara yang diklaim China di Laut China Timur dan Selatan sekarang dapat dicegat oleh J-20," kata Layton.

Sementara itu, J-20 kemudian disebut-sebut sebagai jawaban China untuk F-22 dan F-35 Amerika--yang dianggap sebagai jet tempur siluman utama dunia. Dalam sebuah laporan tahun 2017 oleh Proyek Tenaga China di Pusat Studi Strategis dan Internasional.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berupaya mewujudkan zona pertahanan di wilayah perbatasan laut, termasuk Laut China Selatan. Jokowi mencantumkan strategi menjaga kedaulatan Peraturan Presiden Nomor 41 Tahun 2022 tentang Rencana Zonasi Kawasan Antarwilayah Laut Natuna-Natuna Utara.

Peraturan itu mencantumkan dua kebijakan untuk mewujudkan zona pertahanan dan keamanan di Natuna. Kebijakan-kebijakan tersebut diharapkan dapat menunjang stabilitas di wilayah perbatasan.

Perairan Natuna diketahui menjadi sorotan dunia dalam beberapa waktu lalu. China mengklaim wilayah itu masuk dalam teritori mereka berdasarkan Sembilan Garis Putus.

Namun, negara-negara di ASEAN sepakat batas wilayah di sebagian Laut China Selatan telah ditetapkan dalam Konvensi Hukum Laut Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNCLOS) yang disahkan pada 1982.

(khr/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER