Yunani Sita Kapal Tanker Rusia Terjerat Sanksi Baru Uni Eropa

CNN Indonesia
Selasa, 19 Apr 2022 20:34 WIB
Yunani menyita kapal tanker minyak Rusia, Pegas, di Pulau Evia pada Selasa (19/4) sesuai dengan sanksi yang diterapkan Uni Eropa akibat invasi di Ukraina. Yunani menyita kapal tanker minyak Rusia, Pegas, di Pulau Evia pada Selasa (19/4) sesuai dengan sanksi yang diterapkan Uni Eropa akibat invasi di Ukraina. (Reuters/Yoruk Isik)
Jakarta, CNN Indonesia --

Yunani menyita kapal tanker minyak Rusia, Pegas, di Pulau Evia pada Selasa (19/4) sesuai dengan sanksi yang diterapkan Uni Eropa akibat invasi di Ukraina.

Coast guard Yunani menyatakan, kapal berbendera Rusia yang membawa 19 awal itu ditahan dekat Karytos, pantai selatan Evia.

"Penyitaan itu sebagai bagian dari sanksi Uni Eropa," kata pejabat Kementerian Pelayaran Yunani, seperti dikutip Reuters.


Namun, pejabat coast guard menegaskan bahwa minyak yang dibawa dalam kargo tersebut tidak disita.

Sebelum disita, kapal Pegas dilaporkan mengalami masalah mesin. Kru terpaksa berlabuh di lepas pantai Karystos, demikian menurut laporan kantor berita Athena.

Penyitaan kapal Rusia bukan kali pertama dilakukan anggota Uni Eropa. Pekan lalu, Jerman menyita kapal pesiar mewah Dilbar milik oligarki Rusia, Alisher Usmanov.

Bea cukai Jerman telah mengincar kapal mewah tersebut selama beberapa pekan. Namun, mereka tak kunjung bisa menyita kapal itu karena berbenturan dengan hukum soal kepemilikan.

Di satu titik, akhirnya Polisi Peradilan Federal Jerman berhasil menyita kapal pesiar itu usai melalui penyelidikan panjang.

Yunani dan Jerman menjadi dua negara Uni Eropa yang telah menyita kapal Rusia.

Penyitaan ini dilakukan setelah Uni Eropa resmi melarang kapal berbendera Rusia berlayar di wilayah anggota mereka sejak awal April lalu. Sanksi tersebut diterapkan karena Rusia menginvasi Ukraina.

(has/has)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER