Hong Kong Longgarkan Aturan Covid, Bar Boleh Buka Sampai Jam 2 Pagi

CNN Indonesia
Selasa, 03 Mei 2022 15:25 WIB
Hong Kong akan melonggarkan serangkaian pembatasan di tengah pandemi Covid-19. Dengan pelonggaran ini, bar boleh buka hingga pukul 02.00 waktu setempat. Hong Kong akan melonggarkan serangkaian pembatasan di tengah pandemi Covid-19. Dengan pelonggaran ini, bar boleh buka hingga pukul 02.00 waktu setempat. (AP/Vincent Yu)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hong Kong akan melonggarkan serangkaian pembatasan aktivitas masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Dengan pelonggaran ini, bar boleh buka hingga pukul 02.00 waktu setempat.

Pemimpin eksekutif Hong Kong, Carrie Lam, mengumumkan bahwa pelonggaran aturan ini akan dilakukan secara bertahap.

Pada Kamis (5/5), pantai-pantai dan kolam renang bakal dibuka kembali. Restoran juga dapat melayani delapan orang dalam satu meja.


Mulai 19 Mei, baru boleh buka hingga pukul 02.00. Di tanggal tersebut, Hong Kong juga mulai mengizinkan pembukaan kembali karaoke dan tempat-tempat hiburan lainnya.

Lam mengatakan, Hong Kong melonggarkan aturan ini karena tren penurunan kasus Covid-19 di kawasan tersebut.

Otoritas kesehatan Hong Kong melaporkan 283 kasus Covid-19 pada Senin lalu. Ini merupakan kali pertama kasus Covid-19 di bawah 300 selama hampir tiga bulan belakangan.

"Angka Covid-19 turun menjadi tiga digit pada pertengahan April dan tidak naik, meskipun lalu lintas pejalan kaki meningkat selama dua hari libur," kata Lam.

Dengan pelonggaran aturan ini, dia berharap warga dapat menikmati Hari Ibu Hong Kong yang jatuh pada 8 Mei nanti bersama anggota keluarga masing-masing.

Pembatasan Covid-19 telah menghancurkan bisnis di Hong Kong dan memicu arus keluar sekitar 70 ribu orang pada Februari dan Maret, naik dari hampir 17 ribu pada Desember lalu.

Bagi sebagian orang, pelonggaran pembatasan ini terlambat karena banyak pelaku bisnis di industri makanan dan minuman harus memberhentikan staf karena mereka berjuang untuk membayar sewa.

Kehidupan di kawasan tersebut kini secara bertahap kembali normal, dengan sekolah-sekolah melanjutkan kelas tatap muka dan banyak orang kembali bekerja dari kantor.

[Gambas:Video CNN]

(wel/has)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER