Gedung di China Ambruk, 5 Orang Meninggal Dunia

Tim | CNN Indonesia
Kamis, 05 Mei 2022 16:39 WIB
Sedikitnya 5 orang tewas dan puluhan orang hilang usai bangunan komersial di kota Changsha, Hunan, China ambruk pada Kamis (5/5). lima orang tewas dan puluhan orang hilang usai bangunan komersial yang menampung apartemen, hotel, bioskop di kota Changsha, Hunan, China ambruk pada Kamis (5/5). Foto: (AFP/-)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setidaknya lima orang tewas dan puluhan orang hilang usai bangunan komersial yang menampung apartemen, hotel, bioskop di kota Changsha, Hunan, China ambruk pada Kamis (5/5).

Menurut laporan AFP pada Kamis (5/5) yang dikutip Media China Xinhua, jumlah korban tewas kini mencapai lima orang usai bertambah dua orang. Sementara itu, 10 orang berhasil diselamatkan dari reruntuhan puing-puing.

Orang ke-10 ditemukan dalam keadaan sadar sekitar pukul 12.00 waktu setempat.


Hingga Kamis (5/5) siang, tercatat 23 orang diyakini masih terjebak di gedung, dan 39 orang dilaporkan hilang.

Selama menangani upaya penyelamatan, tim mengeluarkan korban dari reruntuhan gedung menggunakan bantuan anjing pelacak, life detektor, drone, serta mengandalkan teriakan dan ketakutan.

Menanggapi kejadian itu, pihak berwenang menuding surveyor memalsukan audit keamanan gedung, yang diklasifikasikan sebagai struktur "bangunan sendiri."

Media pemerintah memberitakan Presiden Xi Jinping telah menyerukan pencarian dengan segala cara dan memerintahkan penyelidikan menyeluruh atas penyebab gedung tersebut runtuh.

Sementara itu, bangunan runtuh diberitakan kerap terjadi di China karena standar keselamatan dan konstruksi yang lemah. Tak hanya itu, kondisi tersebut diperparah dengan korupsi di antara pejabat.

(isa/chri)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER