Milenial Filipina Rela Keluar Kelompok Agama demi Capres Leni Robredo

CNN Indonesia
Jumat, 06 Mei 2022 14:56 WIB
Sejumlah milenial Filipina rela keluar kelompok agama besar di negara itu demi mendukung Leni Robredo, calon presiden yang bakal berlaga di pilpres Senin (9/5). Sejumlah milenial Filipina rela keluar kelompok agama besar di negara itu demi mendukung Leni Robredo, calon presiden yang bakal berlaga di pilpres Senin (9/5). (AFP/Chaideer Mahyuddin)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah milenial Filipina rela keluar dari kelompok agama Kristen besar di negara itu demi dapat menyuarakan dukungan untuk Leni Robredo, salah satu calon presiden yang bakal berlaga di pilpres pada Senin (9/5).

Para milenial itu merupakan anggota gerakan keagamaan terbesar ketiga di Filipina, Iglesia ni Cristo (INC). Mereka rela berbeda suara dengan INC secara keseluruhan.

INC sendiri mengumumkan akan mendukung rival Robredo, yaitu paslon Ferdinand Marcos Jr dan Sara Duterte, dalam pilpres mendatang.


Marcos merupakan putra dari mantan diktator Filipina, Ferdinand Marcos. Setelah ayahnya lengser, Marcos Jr dan saudara-saudaranya dilaporkan menikmati duit hasil korupsi sang mantan presiden.

Tak lama setelah pengumuman Iglesia ni Cristo, sejumlah pemuda anggota INC menyatakan protesnya. Sebagian dari mereka bakal rela keluar INC sebagai tanda protes, termasuk dua pemuda bernama Jep dan Rick.

Jep dan Rick mengaku bingung karena INC menuntut anggotanya untuk mendukung capres yang sama sebagai bentuk ketaatan kepada Tuhan.

"Sangat disesalkan, terutama ketika kalian melihat undang-undang kami, dan kalian mengetahui bahwa memilih merupakan hak konstitusional kami," ucap Jep kepada Rappler.

Senada, Rick juga mengaku kecewa INC selalu mendukung kandidat yang punya rekam jejak politik buruk, bertolak belakang dengan sikap gereja seharusnya.

Rick mengaku khawatir karena merujuk pada sejarah sebelumnya, capres yang didukung INC selalu menang pilpres.

Penolakan terhadap INC ini juga menggema di Twitter. Tagar #KakampINC menjadi topik tren teratas di Twitter pada Selasa lalu.

Lebih dari 48 ribu pengguna Twitter menggunakan tagar tersebut. Banyak di antara mereka teridentifikasi sebagai anggota INC.

[Gambas:Video CNN]

KakampINC merupakan plesetan dari kata kakampink. Kata ini merupakan kombinasi dari kakampi atau sekutu dan pink, warna kampanye Robredo.

"Saya setia dan anggota aktif INC. Keluarga saya dan saya akan tetap mendukung Leni dan Kiko. Kami tak akan mendukung pencuri. #kakamPinc," ujar salah satu pengguna Twitter @TwiceforLeni.

Pengguna di Twitter lain, @quiiiquiiii, menulis, "Saya berdiri. Saya akan membela kebenaran dan pemerintahan yang baik. #KakamPink."

(isa/has)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER