Jokowi ke Washington Hadiri KTT ASEAN-AS Pekan Depan

Ramadhan Rizki | CNN Indonesia
Minggu, 08 Mei 2022 14:22 WIB
Presiden Joko Widodo akan melawat ke Washington D.C untuk menghadiri KTT khusus ASEAN-AS. Presiden Joko Widodo akan melawat ke Washington D.C untuk menghadiri KTT khusus ASEAN-AS. (Foto: REUTERS/KEVIN LAMARQUE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) khusus ASEAN-Amerika Serikat yang digelar di Washington D.C pada 12-13 Mei 2022.

Kabar kunjungan Jokowi itu disampaikan melalui akun sosial media Twitter resmi Kementerian Luar Negeri RI pada Minggu (8/5).

"Presiden RI akan hadir dalam ASEAN-US Special Summit di Washington D.C, 12-13 Mei 2022," tulis akun Twitter resmi Kemlu RI @Kemlu_RI dikutip Minggu (8/5).


KTT ASEAN-AS awalnya sempat dijadwalkan pada 28-29 Maret 2022 lalu. Namun, pertemuan yang bakal dihadiri Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan para pemimpin ASEAN itu ditunda.

KTT ini merupakan wadah AS dan negara ASEAN memperkuat kemitraannya di kawasan Asia Tenggara. Beberapa pihak menilai kemitraan itu dimanfaatkan Gedung Putih untuk meredam pengaruh China di kawasan Indo-Pasifik, terutama Asia Tenggara. 

Pada Februari 2022 lalu, juru bicara Gedung Putih Jen Psaki menyatakan KTT ini merupakan "prioritas utama bagi pemerintahan Biden." Pertemuan ini juga akan menjadi perayaan 45 tahun terjalinnya hubungan antara AS dan ASEAN.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengungkapkan sejumlah isu yang akan dibahas dalam KTT ini. Di antaranya krisis di Myanmar, pemulihan akibat pandemi Covid-19, perubahan iklim, investasi, dan infrastruktur.



(rzr/rds)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER