AS Cium Indikasi Rusia Paksa Warga Ukraina Pindah

Safyra Primadhyta | CNN Indonesia
Selasa, 10 Mei 2022 04:04 WIB
Amerika Serikat (AS) melihat indikasi Rusia memaksa warga Ukraina pindah ke Negeri Beruang Merah Amerika Serikat (AS) melihat indikasi Rusia memaksa warga Ukraina pindah ke Negeri Beruang Merah Ilustrasi. (AP/Bernat Armangue).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) melihat indikasi Rusia memaksa warga Ukraina pindah ke Negeri Beruang Merah.

Ha itu disampaikan juru bicara Pentagon John Kirby saat pengarahan dengan media di Pentagon pada Senin (9/5), waktu setempat.

Dilansir CNN, ketika ditanya tentang pernyataan pemerintah Ukraina bahwa 1,2 juta orang Ukraina kini telah dideportasi ke Rusia dan ditahan di kampus, Kirby menjawab "kami tentu telah melihat indikasi bahwa warga Ukraina dipindahkan dari Ukraina ke Rusia."


Kirby tidak dapat berbicara tentang jumlah total orang Ukraina yang dipindahkan, berapa banyak kamp yang ada atau seperti apa bentuknya, tetapi mengatakan, "kami memiliki indikasi bahwa orang-orang Ukraina dibawa secara bertentangan dengan keinginan mereka ke Rusia."

Kirby menyebut tindakan itu "tidak masuk akal," dan "bukan perilaku kekuatan yang bertanggung jawab."

Rusia menginvasi Ukraina sejak 24 Februari lalu. Selain menewaskan ribuan orang, perang tersebut juga memaksa jutaan warga Ukraina mengungsi.

Pada saat yang sama, Rusia mendapatkan sejumlah sanksi dari negara barat atas serangan tersebut.

Upaya negosiasi yang dilakukan untuk mengakhiri konflik hingga kini belum membuahkan hasil.

(cnn/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER