Bongbong Marcos Unggul Pemilu Filipina: Jangan Nilai Saya dari Leluhur

Tim | CNN Indonesia
Selasa, 10 Mei 2022 20:49 WIB
Anak eks diktator Filipina, Ferdinand Marcos Jr, menenangkan publik yang ragu usai ia diprediksi menang pilpres. Ia meminta publik tak menilainya dari keluarga. Anak eks diktator Filipina, Ferdinand Marcos Jr, menenangkan publik yang ragu usai ia diprediksi menang pilpres. (AP/Aaron Favila)
Jakarta, CNN Indonesia --

Anak mantan diktator Filipina, Ferdinand Marcos Jr alias Bongbong, menenangkan publik yang ragu usai ia diprediksi menang pilpres. Ia meminta publik tak menilainya dari masa lalu kelam keluarganya.

"Jangan nilai saya dari leluhur saya, tapi dari tindakan saya," ujar Bongbong melalui pernyataan yang dirilis juru bicaranya, Vic Rodriguez, seperti dilansir Reuters, Selasa (10/5).

Rodriguez merilis pernyataan ini ketika Bongbong diduga kuat bakal memenangkan pilpres Filipina setelah proses hitung cepat sejumlah lembaga menunjukkan keunggulan telak anak mantan diktator tersebut.


Salah satu lembaga hitung cepat sudah menghimpun 98 persen suara yang masuk. Berdasarkan penghitungan, Bongbong meraup sekitar 31 juta suara, lebih tinggi dua kali lipat dari rival terdekatnya, Leni Robredo.

Meski hasil resmi diperkirakan baru keluar akhir bulan ini, Bongbong dan timnya sudah mulai merayakan kemenangan tersebut.

"Ini merupakan kemenangan bagi seluruh rakyat Filipina, dan untuk demokrasi," tutur Rodriguez.

Selama kampanye, Bongbong memang terus menyerukan persatuan. Namun, analis politik menganggap Bongbong bakal sangat sulit mewujudkan janji itu karena banyak warga masih trauma dengan kepemimpinan ayahnya.

Kala berkuasa, ayah Bongbong, Ferdinand Marcos, memimpin dengan tangan besi. Ia juga menggerogoti duit negara dengan korupsi besar-besaran.

Marcos lengser setelah demonstrasi besar-besaran di Filipina pada 1986 silam, mengakhiri dinastinya yang sudah bertahan selama dua dekade.

Ia dan keluarganya lantas tinggal di pengasingan di Hawaii. Sekembalinya ke Filipina pada 1991, Bongbong terjun ke dunia politik dengan menjadi anggota kongres dan senat.

Hingga akhirnya, Marcos Jr ikut serta dalam pilpres 2022 dengan menggandeng putri Presiden Rodrigo Duterte, Sara Duterte, sebagai wakilnya. Bongbong pun menggaet banyak pendukung.

Kendati demikian, rival terkuat Bongbong, Leni Robredo, juga memiliki basis pendukung kuat karena dianggap sebagai sosok yang bisa membawa perubahan.

Ketika hasil hitung cepat menunjukkan keunggulan telak Bongbong, sejumlah pihak mengernyitkan dahi. Mereka curiga ada kecurangan di balik pilpres kali ini.

[Gambas:Video CNN]

(has/has)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER