Pilot Tetiba 'Lumpuh', Penumpang Biasa Ambil Alih Pendaratan Pesawat

Tim | CNN Indonesia
Rabu, 11 Mei 2022 21:07 WIB
Seorang penumpang tak berpengalaman mendaratkan pesawat di bandara AS. Ia menggantikan pilot pesawat yang mendadak tak berdaya. Ilustrasi pesawt. (Antara Foto/Yusran Uccang)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang penumpang tak berpengalaman berhasil mendaratkan satu pesawat dengan selamat di bandara Florida, Amerika Serikat. Ia menggantikan pilot pesawat yang mendadak tak berdaya.

Momen itu terdengar dalam siaran menara pengendali lalu lintas udara (ATC) pada Selasa (10/5). Dalam rekaman, penumpang itu terdengar mengatakan kepada petugas ATC, ia tak tahu cara menerbangkan pesawat.

"Situasinya gawat di sini. Pilot saya tiba-tiba tak berdaya, dan saya tak tahu cara menerbangkan pesawat," ujar penumpang itu, seperti dilansir CNN.


Petugas ATC lantas terdengar memberikan instruksi pendaratan pesawat. Ia membimbing sang penumpang hingga akhirnya pesawat mendarat dengan selamat di Bandara International Palm Beach di Florida.

"Coba pegang kendali sayap dan coba menurunkan. Dorong kendali dan turunkan dengan sangat perlahan. Ikuti jalur pesisir utara atau selatan. Kami sedang mencoba melacak kalian," kata petugas itu.

Badan Penerbangan Federal AS melaporkan bahwa pesawat itu mengangkut dua penumpang dan semuanya selamat.

Menurut mereka, pilot pesawat bermesin tunggal Cessna 208 itu mengalami "kemungkinan masalah medis." Hingga kini, kondisi pilot itu belum diketahui.

Setelah pesawat mendarat, rekaman ATC memperdengarkan petugas menjelaskan peristiwa tersebut ke kru pesawat lainnya yang sedang melintas di udara.

"Kalian baru saja menyaksikan sejumlah penumpang mendaratkan pesawat itu," ucap petugas ATC tersebut.

Seorang pilot American Airlines yang mendengar lantas menanggapi, "Anda bilang penumpang yang mendaratkan pesawat itu? Ya, Tuhan. Keren."

[Gambas:Video CNN]

(has/asa)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER