Rusia Usir 10 Diplomat Rumania

Safyra Primadhyta | CNN Indonesia
Sabtu, 14 Mei 2022 01:20 WIB
Rusia mengusir 10 diplomat Rumania pada Jumat (13/5) sebagai balasan atas langkah serupa yang dilakukan Rumania menyusul invasi Moskow ke Ukraina. Rusia mengusir 10 diplomat Rumania pada Jumat (13/5) sebagai balasan atas langkah serupa yang dilakukan Rumania menyusul invasi Moskow ke Ukraina. Ilustrasi. (AP).
Jakarta, CNN Indonesia --

Rusia mengusir 10 diplomat Rumania pada Jumat (13/5). Kebijakan itu diambil sebagai balasan atas langkah serupa yang diambil Rumania menyusul invasi Moskow ke Ukraina.

"Federasi Rusia menyatakan 10 pegawai kedutaan Rumania di Moskow sebagai persona non grata," kata Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rumania dalam sebuah pernyataan seperti dikutip AFP.

Berita itu dikonfirmasi oleh Moskow. Pada 5 April lalu, Rumania mengusir 10 diplomat Rusia "yang kegiatannya melanggar Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik," menurut kementerian luar negeri Rumania.


Kemlu Rusia dengan tegas menolak upaya tak berdasar oleh pihak Rumania untuk menyalahkan Rusia atas kejahatan perang di Ukraina.

"Kebijakan Bukares untuk menutupi kekejaman yang dilakukan oleh penjaga nasional (Ukraina) terhadap warga sipil serta pasokan senjata, peralatan, dan bantuan lainnya kepada rezim di Kyiv," jelas Kemlu Rusia.

Rumania memanggil duta besar Rusia untuk Bukares Valery Kuzmin pada Kamis lalu untuk memprotes sebuah artikel yang diterbitkan di situs web kedutaan Rusia.

Dalam artikel tersebut disebutkan "aliran kebohongan langsung, pemalsuan, provokasi yang dipentaskan, dan disinformasi" tentang apa yang terjadi di Ukraina "diciptakan dan dibiayai oleh kolektif Barat."

Seorang pegawai kedutaan Bulgaria di Moskow juga dinyatakan sebagai "persona non grata", kata Kemlu Rusia dalam sebuah pernyataan terpisah.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari lalu, negara-negara Barat telah memberlakukan beberapa putaran sanksi dan mengusir sejumlah diplomat Rusia. Moskow merespons hal itu dengan mengusir puluhan diplomat Barat.

(afp/sfr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER