Absen di Pembukaan Parlemen, Ratu Elizabeth Bisa Hadiri Jubilee

tim | CNN Indonesia
Senin, 16 Mei 2022 17:25 WIB
Ratu Elizabeth II menghadiri perayaan Platinum Jubilee di Kastil Windsor, Minggu (16/5), setelah sempat dilanda masalah kesehatan. Meski sempat diragukan karena sakit, Ratu Elizabeth II menghadiri perayaan Platinum Jubilee di Kastil Windsor, Minggu (16/5). (AFP/STEVE PARSONS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ratu Elizabeth II menghadiri perayaan Platinum Jubilee di Kastil Windsor, Inggris, Minggu (16/5), setelah masalah kesehatan sempat mengganggu aktivitasnya sepekan terakhir.

AFP melaporkan, Ratu Elizabeth menggunakan tongkat bantu saat berjalan ke area khusus keluarga kerajaan dalam acara tersebut. Ratu kemudian disambut dengan tepuk tangan meriah para penonton dalam acara bertema "A Gallop Through History."


Sebelum acara hari ini, Ratu juga sempat menghadiri acara berkuda Royal Windsor pada Jumat (13/5).

Tak hanya Ratu Elizabeth, acara Platinum Jubilee tersebut juga dimeriahkan dengan kehadiran aktor Hollywood Tom Cruise dan Helen Mirren. Acara ini bakal berlangsung selama empat hari, dengan diramaikan parade militer, konser lagu pop, bahkan piknik.

Sebelumnya, Ratu Elizabeth tidak menghadiri acara pembukaan parlemen beberapa hari lalu. Itu merupakan pertama kalinya Ratu tak hadir dalam acara tersebut sejak 1963.

Beberapa pejabat mengatakan ketidakhadiran Ratu disebabkan oleh masalah mobilitas yang membuatnya sulit berjalan dan berdiri.

Sebelum acara hari ini, Ratu Elizabeth terakhir kali terlihat di hadapan publik pada akhir Maret lalu. Ia menghadiri upacara peringatan kematian suaminya, Pangeran Philip.

Dalam acara tersebut, Ratu menggunakan tongkat bantu jalan dan membutuhkan bantuan untuk duduk.

Acara Platinum Jubilee sendiri dilangsungkan untuk merayakan 70 tahun Ratu Elizabeth II berkuasa.

(dzu/vws)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER