Presiden Anggota NATO Kroasia Ngotot Tolak Finlandia-Swedia Gabung

CNN Indonesia
Kamis, 19 Mei 2022 10:55 WIB
Presiden Kroasia, Zoran Milanovic, menyatakan pada Rabu (18/5), akan menolak Finlandia dan Swedia gabung NATO. Foto: AP/Mary Altaffer
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Kroasia, Zoran Milanovic, menyatakan pada Rabu (18/5), akan menginstruksikan Duta Besar Kroasia untuk NATO, Mario Nobilo, untuk mencegah keinginan Finlandia-Swedia bergabung.

Kroasia sendiri merupakan salah satu negara anggota NATO.


Milanovic percaya bahwa Kroasia tidak boleh berhenti membuat keanggotaan Finlandia dan Swedia di NATO bergantung pada persoalan kesetaraan orang Kroasia di Bosnia-Herzegovina.

"Ini bukan tindakan melawan Finlandia dan Swedia, tapi ini menyangkut Kroasia," ujar Milanovic seperti dikutip dari media lokal, Total Croatia News.

Merujuk pada pernyataan itu, Milanovic dalam konferensi pers meyakini bahwa orang-orang Kroasia di Bosnia-Herzegovina sebagai entitas politik tengah 'dihancurkan'. Tugas Kroasia, ia menambahkan, untuk mencegahnya.

Milanovic sekali lagi menegaskan akan menginstruksikan Dubes Nobilo untuk menjegal dua negara itu bergabung bersama NATO.

Sikap Milanovic ini berbeda dengan Perdana Menteri Kroasia, Andrej Plenkovic, dan Menteri Luar Negeri dan Urusan Eropa, Gordan Grlić-Radman, terkait keanggotaan Finlandia-Swedia di NATO. Plenkovic dan Grlić-Radman mendukung dua negara itu masuk NATO.

Pekan lalu Kementerian Luar Negeri dan Urusan Eropa menyatakan, Nobilo harus mengikuti instruksi pemerintah ketimbang Presiden untuk urusan NATO. Alasan Milanovic menolak Finlandia dan Swedia gabung NATO pun dinilai kementerian itu tidak relevan.

Parlemen Kroasia yang dihuni mayoritas dari partai konservatif HDZ, bahkan ikut mendukung Swedia dan Finlandia gabung NATO, seperti dikutip dari EuroActiv.

Milanovic kemudian merujuk pada sikap keras Turki menolak rencana keanggotaan Finlandia dan Swedia di NATO karena menyangkut kepentingan nasional.

"Turki jelas sekali tak akan berhenti [menolak] sebelum mereka mendapatkan apa yang diminta," tutur Milanovic.

Sebelumnya, Presiden Recep Tayyip Erdogan menegaskan lagi Turki tidak akan mendukung niat Finlandia dan Swedia untuk bergabung menjadi anggota Aliansi Pertahanan Negara Atlantik Utara (NATO).

Erdogan mengatakan delegasi Finlandia dan Swedia tidak usah repot-repot berkunjung ke Ankara untuk melobi Turki agar melunak soal keanggotaan mereka di NATO.

"Swedia juga tak perlu berharap Turki akan menyetujui niatnya untuk masuk NATO tanpa mengembalikan para teroris," kata Erdogan dalam pidatonya di depan anggota parlemen fraksi partai berkuasa APK pada Rabu (18/5).

Erdogan merujuk pada tokoh-tokoh politik hingga aktivis yang dituding terkait upaya kudeta gagal pada 2016 dan lari ke luar negeri, termasuk Finlandia dan Swedia.

[Gambas:Video CNN]



(isa/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER