Ukraina: Rusia Perkosa 10 Orang dalam 1 Jam, Termasuk 8 Anak

CNN Indonesia
Jumat, 20 Mei 2022 22:17 WIB
Ukraina melaporkan bahwa pasukan Rusia memerkosa sepuluh orang, termasuk delapan anak-anak, dalam waktu satu jam pada hari ini, Jumat (20/5). Ilustrasi tentara Rusia di Ukraina. (Reuters/Carlos Barria)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Pertahanan Ukraina melaporkan bahwa pasukan Rusia memerkosa sepuluh orang, termasuk delapan anak-anak, dalam waktu satu jam pada hari ini, Jumat (20/5).

"Ombudsman: Hari ini, hanya dalam satu jam, sepuluh laporan pemerkosaan yang dilakukan penjajah Rusia, termasuk delapan anak, diterima dari beberapa desa yang baru saja dibebaskan di wilayah Kharkiv," demikian pernyataan kementerian itu di Twitter.

"Di antara anak-anak, dua anak laki-laki berumur sepuluh tahun dan satu anak laki-laki berumur satu tahun meninggal akibat luka-luka."


Pasukan Rusia memang dikabarkan kerap memerkosa warga di Ukraina selama invasi. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, bahkan sempat menyebut dugaan pasukan Rusia memerkosa warga Ukraina di depan anak-anaknya sendiri.

Perwakilan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait kekerasan seksual dalam perang,Pramilla Patten, pun mengaku sudah mendapatkan laporan-laporan semacam ini.

"Saya menerima laporan yang belum terverifikasi terkait kasus kekerasan seksual terhadap anak laki-laki di Ukraina," katanya, seperti dikutip The Guardian.

Patten juga mengungkap, cukup sulit bagi korban laki-laki untuk melaporkan kejahatan seksual yang mereka alami.

"Sulit bagi perempuan untuk melaporkan [pemerkosaan] karena stigma salah satunya, tetapi lebih sulit bagi laki-laki untuk melaporkan. Kita harus membangun suasana yang aman bagi seluruh korban untuk melaporkan kasus kekerasan seksual," ucapnya.

[Gambas:Video CNN]

(pwn/has)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER