Politikus Sayap Kiri Anthony Albanese Jadi PM Australia Baru

rds | CNN Indonesia
Senin, 23 Mei 2022 07:26 WIB
Anthony Albanese menjadi PM Australia baru setelah Partai Buruh menang pemilu pertama mereka sejak 9 tahun terakhir. Anthony Albanese menjadi PM Australia baru setelah Partai Buruh menang pemilu pertama mereka sejak 9 tahun terakhir. (Foto: AFP/WENDELL TEODORO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Politikus berhaluan tengah-kiri Anthony Albanese dilantik menjadi Perdana Menteri Australia baru setelah Partai Buruh memenangkan pemilihan umum pertama mereka sejak 9 tahun terakhir pada Minggu (22/5).

Partai Buruh menang tipis suara mayoritas di parlemen yakni 76 suara dari 151 kursi dalam pemilu. Partai tersebut masih membutuhkan empat samai lima dukungan lagi dari independen dan partai kecil lainnya agar bisa membentuk pemerintahan dengan suara mayoritas.

Sementara itu, pelantikan Albanese berlangsung singkat pada Senin (23/5) pagi di Government House, Canberra, beberapa jam sebelum sang PM terbang ke Tokyo, Jepang, untuk menghadiri tugas kenegaraan pertamanya sebagai pemimpin Australia.

Di Tokyo, Albanese akan menghadiri pertemuan puncak Quad yang terdiri dari pemimpin Amerika Serikat, Australia, Jepang, dan India.

Selain Albanese, sejumlah anggota dari Partai Buruh juga akan mengemban posisi baru dalam pemerintahan Australia yakni Penny Wong sebagai Menteri Luar Negeri Australia, Menteri Keuangan Jim Chalmers, dan Menteri Finansial Katy Gallagher.

Dalam pidato kemenangannya pada Minggu, Albanese berjanji akan membawa perubahan ke arah lebih baik dalam birokrasi pemerintah Australia.

"Saya ingin mengubah negara. Saya ingin mengubah cara politik beroperasi di negara ini," kata Albanese seorang keturunan Italia-Australia pertama yang menjadi PM.

Pendahulu Albanese, PM Scott Morrison juga sudah mengakui kekalahan dia dan partainya Partai Liberal dalam pemilu hari ini.

Dikutip Reuters, sejumlah pemimpin dunia seperti Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan PM Selandia Baru Jacinda Ardern juga telah memberikan selamat kepada kemenangan Albanese.

(rds/rds)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER