ISIS Klaim Bertanggung Jawab atas Ledakan 3 Bus di Afganistan

Tim | CNN Indonesia
Kamis, 26 Mei 2022 03:40 WIB
ISIS mengklaim bertanggung jawab atas ledakan 3 bus di Afganistan yang menewaskan sedikitnya 9 orang. Ilustrasi. ISIS mengklaim bertanggung jawab atas ledakan 3 bus di Afganistan yang menewaskan sedikitnya 9 orang. Foto: (AP/Khalid Mohammed)
Jakarta, CNN Indonesia --

Negara Islam (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas ledakan bus di kota Mazar-i-Sharif, Afganistan pada Rabu (25/5). Ledakan tersebut sebelumnya dilaporkan menyebabkan sedikitnya 9 orang meninggal dunia.

Seperti diberitakan AP pada Rabu (25/5), ISIS mengklaim ledakan tersebut lewat saluran Telegramnya dan diunggah di kantor berita kelompok militan Sunni Aamaq.

Mereka mengatakan ISIS menargetkan tiga bus dengan alat peledak rakitan.

Sebelumnya, ledakan menghancurkan minibus di kota Mazar-i-Sharif, Afganistan. Polisi mengungkapkan bom tersebut menewaskan sedikitnya sembilan orang dan membuat 15 orang luka-luka.

"Bom-bom itu ditempatkan di tiga minibus di berbagai distrik di kota itu," kata juru bicara kepolisian provinsi Balkh Asif Waziri kepada AFP, Rabu (25/5).

Balkh menambahkan "serangan itu menargetkan anggota komunitas Syiah" yang merupakan minoritas agama di Afghanistan.

Selain ledakan di bus, ledakan juga terjadi dan menghancurkan masjid di Kabul dan menewaskan sedikitnya 5 orang. Hingga kini, belum ada kelompok yang mengklaim ledakan di masjid tersebut.

Jumlah serangan bom telah menurun di seluruh negeri sejak Taliban merebut kekuasaan pada Agustus 2021. Namun, beberapa kota diguncang bom selama bulan suci Ramadhan.

Puluhan warga sipil tewas saat bulan Ramadhan 2022 dalam serangan terutama sektarian - beberapa diklaim oleh kelompok Negara Islam (ISIS).

(AP/chri)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER