PM Baru Australia Dilaporkan Tiba di Jakarta, Akan Temui Jokowi

CNN Indonesia
Minggu, 05 Jun 2022 22:09 WIB
PM baru Australia Anthony Albanese memulai kunjungannya di Indonesia selama 3 hari, mulai Minggu (5/6), di mana ia dijadwalkan bertemu Presiden Jokowi Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Anthony Albanese setelah menjabat jadi Perdana Menteri Australia. (AFP/WENDELL TEODORO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perdana Menteri baru Australia, Anthony Albanese, memulai kunjungan kenegaraannya selama tiga hari di Indonesia, Minggu (5/6).

Mengutip dari AFP, Albanese sudah berada di Jakarta, di mana itu akan menjadi kunjungan kenegaraannya yang pertama sejak dilantik menjadi perdana menteri Australia pada 23 Mei mendatang. Dia dijadwalkan berada di Indonesia hingga 7 juni mendatang, di mana Albanese dan rombongan akan kembali ke negara asalnya.

Salah satu agenda dalam kunjungannya tersebut, Albanese, bakal bertemu secara bilateral dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta.


Berdasarkan siaran pers yang dikeluarkan Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Albanese tak sendiri dalam kunjungannnya ini.

Ia didampingi antara lain oleh Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong, Menteri Perdagangan Don Farrel, Menteri Perindustrian Ed Husic, dan Anggota Solomon Luke Gosling.

Delegasi tingkat tinggi pemimpin bisnis Australia pun turut bergabung dalam kunjungan ini.

"Indonesia adalah salah satu tetangga terdekat kami, itulah sebabnya saya berkomitmen untuk berkunjung secepatnya," kata Albanese mengutip dari siaran pers Kedubes Australia di Jakarta yang diterima, Minggu siang.

Dikatakannya dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi, kedua pemimpin negara itu akan membahas perdagangan dan investasi bilateral, kerja sama di bidang iklim dan energi, serta kepentingan regional dan global.

"Kami bermitra erat dalam isu-isu perdagangan, pembangunan, pendidikan, dan keamanan wilayah," ujar Albanese.

"Selama kunjungan ini, saya berharap dapat membangun hubungan kita lebih jauh, termasuk merevitalisasi hubungan perdagangan kita dan mempromosikan kerjasama di bidang iklim, infrastruktur dan energi," imbuhnya.

Hal yang penting dalam kunjungan ini adalah keinginan kedua belah pihak untuk membuka potensi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia, termasuk untuk meneruskan dana infrastruktur dan iklim yang diusulkan Pemerintah sebesar A$200 juta dengan Indonesia.

"Pemerintahan Albanese akan memberikan ekspansi ekonomi yang dijanjikan dalam Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia," ujar Menteri Perdagangan dan Pariwisata Senator Don Farrell.

"Merevitalisasi hubungan perdagangan dan investasi kita akan meningkatkan ekonomi Australia dan Indonesia."

Dilaporkan saat berada di Jakarta, Albanese juga akan bertemu dengan Sekretaris-Jenderal ASEAN Dato Lim Jock Hoi untuk membahas komitmen Pemerintah terhadap Asia Tenggara dan sentralitas ASEAN.

(AFP, kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER