Dirjen WHO Dukung Lab Dunia Bagi Data Sekuensi Genom

CNN Indonesia
Senin, 06 Jun 2022 14:23 WIB
WHO mendukung berbagai lab dunia untuk bekerja sama dan membuka data sekuensi genom mereka demi mempersiapkan diri menghadapi pandemi. Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mendukung berbagai lab dunia untuk bekerja sama dan membuka data sekuensi genom mereka demi mempersiapkan diri menghadapi pandemi. (AFP/-)
Lombok, CNN Indonesia --

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, mendukung berbagai lab dunia untuk bekerja sama dan membuka data sekuens genom mereka demi mempersiapkan diri menghadapi pandemi.

"Kunci untuk kesiap-siagaan menghadapi pandemi adalah meningkatkan pemantauan lewat sekuens genom," ujar Ghebreyesus dalam video yang ditayangkan di acara 'G20: The 2nd Health Working Group' di Lombok, Senin (6/6).


"Kesuksesan upaya itu [kesiap-siagaan pandemi] bergantung pada data genom dibagikan secara tepat waktu," lanjutnya.

"Hanya dengan bekerja sama, kita bisa membuat dunia yang lebih aman, lebih sehat, dan lebih adil."

Sementara itu, isu pembagian data sekuens genom merupakan salah satu pokok pembicaraan delegasi G20 dalam acara tersebut.

"Kita mau memastikan ada agreement [kesepakatan] agar semua lab-lab di dunia bisa sharing [berbagi] data patogen, bisa sharing [berbagi] data virus, atau parasit, nanti kalau ada pandemi berikutnya," kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam acara yang sama.

Budi menerangkan sekuens data sendiri merupakan isu perdebatan yang sulit. Alasannya, data tersebut dapat diolah menjadi banyak hal.

"Ketiga, yang mungkin berdiskusi agak alot, di mana data sekuens genom itu bisa di share [dibagikan]. Karena data sekuens genome ini amat kuat, jadi orang bisa bikin segala macam ya, bisa bikin bioengineering untuk segala macam keperluan kalau sudah tahu ini ya," kata Budi.

[Gambas:Video CNN]



(pwn/bac)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER