Thailand Bersiap Bagi-bagi Seribu Tanaman Ganja di Buriram

CNN Indonesia
Selasa, 07 Jun 2022 19:04 WIB
Pemerintah Thailand bersiap membagikan seribu ganja ke masyarakat di Buriram, jelang pengesahan UU legalisasi ganja Pameran ganja di Buriram, Thailand. (REUTERS/ATHIT PERAWONGMETHA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Thailand bersiap membagikan seribu tanaman ganja ke masyarakat di Buriram. Ganja tersebut bakal dibagikan pada Jumat (10/6), sehari setelah Thailand melegalkan penggunaan ganja.

Menteri Kesehatan Thailand Anutin Charnvirakul mengatakan pemberian ganja gratis itu bakal dilakukan di Sirkuit Internasional Chang sampai pada Minggu (12/6).


Charnvirakul juga mengatakan pemberian seribu ganja ini dilakukan untuk mengawali kampanye pembagian satu juta bibit ganja kepada masyarakat.

Sebagaimana diberitakan Bangkok Post, Thailand akan melakukan dekriminalisasi ganja pada Kamis (9/6). Masyarakat Thailand diizinkan untuk menanam ganja di rumah untuk dimasak dan tujuan medis.

Walaupun demikian, masyarakat yang ingin menanam ganja untuk tujuan komersial membutuhkan izin dari pemerintah.

"Kita berada pada titik krusial di mana kita membuat sejarah. Namun, kita harus menyadari pentingnya penggunaan ganja yang sesuai," kata Charnvirakul.

Ia lalu berucap,"Kami tidak akan pernah mengembalikan [status legalisasi] ganja."

Sementara itu, wakil sekretaris kesehatan masyarakat Thailand, Thongchai Keeratihatthayakorn, menyampaikan bahwa seluruh ganja dan produk turunan dengan kandungan THC kurang dari 0,2 persen tak lagi masuk dalam daftar narkotika.

Masyarakat Thailand sendiri bisa dengan bebas menanam ganja setelah mendaftarkan diri di situs plookganja.fda.moph.go.th dan aplikasi milik pihak berwenang. Mereka harus memberikan informasi personal dan mengutarakan alasan penanaman ganja tersebut.

Tak hanya mengizinkan masyarakat menanam ganja, aturan baru Thailand juga membuat warga yang dipenjara karena pelanggaran terkait ganja dapat dibebaskan.

Kementerian Kemasyarakatan Thailand menyampaikan lebih dari 4.000 narapidana yang didakwa dan dihukum atas pelanggaran terkait ganja akan dibebaskan ketika dekriminalisasi diberlakukan.

[Gambas:Video CNN]



(pwn/bac)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER