9 Negara yang Terapkan Wajib Militer Selain Korsel

CNN Indonesia
Kamis, 23 Jun 2022 14:10 WIB
Selama ini, Korea Selatan dikenal dengan wajib militernya. Namun terdapat sejumlah negara lain di dunia yang juga telah lama menerapkan wajib militer. Selama ini, Korea Selatan dikenal dengan wajib militernya. Namun terdapat sejumlah negara lain di dunia yang juga telah lama menerapkan wajib militer. (AFP PHOTO / STR)
, CNN Indonesia --

Sejumlah negara diketahui memberlakukan wajib militer (wamil) bagi warganya.

Selain Korea Selatan dan Korea Utara yang dikenal dengan kewajiban menjalankan wamil, ada pula negara lain yang mengharuskan hal yang sama dengan kriteria dan masa latihan masing-masing.


Penerapan wajib militer atau wamil ini memiliki beberapa keuntungan bagi negara yang bersangkutan. Salah satunya adalah negara tersebut lebih siap jika sewaktu-waktu mendapat ancaman dari negara lain.

Cukup banyak negara yang menerapkan wajib militer kepada warganya. Umumnya, yang diharuskan untuk mengikuti program wajib militer adalah penduduk laki-laki dengan rentang usia 18 hingga 30 tahun dengan kriteria yang sudah ditentukan.

Dihimpun berbagai sumber, berikut daftar negara yang terapkan wajib militer untuk warganya.

1. Mesir

Mesir menjadi negara pertama yang mewajibkan warga negaranya untuk mengikuti program wajib militer. Hal ini berlaku pada warga negara berkelamin pria yang sudah berusia antara 18 sampai dengan 30 tahun untuk mengikuti program wamil.

Negara yang terletak di benua Afrika bagian Utara ini telah menerapkan program wajib militer untuk warga negaranya dengan durasi 12 hingga 30 bulan.

2. Singapura

Mungkin masih banyak dari Anda yang tidak mengetahui jika ternyata negara tetangga kita, Singapura ini juga menerapkan program wajib militer kepada warga negaranya.

Bagi warga negara berjenis kelamin laki-laki diwajibkan untuk mengikuti program wajib militer pada usia 18 tahun dan sudah harus mendaftarkan diri dalam wamil saat usia mereka 16,5 tahun.

Biasanya, program wajib militer ini berlangsung dalam rentang waktu antara 22 hingga 24 bulan.

3. China

China mewajibkan warganya mendaftar wajib militer, mengutip Forces. Laki-laki yang berusia 18 hingga 22 tahun harus mendaftar wajib militer selama dua tahun.

Meski begitu, sebagai negara terpadat di dunia, China memiliki cukup banyak sukarelawan dan tidak pernah harus bergantung pada wajib militer.

4. Norwegia

Norwegia menjadi salah satu negara yang terapkan wajib militer kepada warganya yang sudah masuk ke dalam kriteria.

Berbeda dengan negara lain yang umumnya hanya mengharuskan pria saja yang mengikuti wamil, di Norwegia wanita juga diwajibkan mengikuti program ini.

Program wamil ini diperuntukkan bagi laki-laki dan perempuan yang sudah memasuki usia 19 tahun dengan waktu antara 6 hingga 12 bulan lamanya.

Lanjut sebelah...

9 Negara yang Terapkan Wajib Militer

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER