Agenda Jokowi Temui Zelensky-Putin: Jadi Juru Damai

Tim | CNN Indonesia
Rabu, 22 Jun 2022 12:13 WIB
Presiden Joko Widodo akan menemui Presiden Volodymyr Zelensky dan Presiden Vladimir Putin untuk mendorong perdamaian di tengah perang yang terus berkecamuk. Presiden Joko Widodo akan menemui Presiden Volodymyr Zelensky dan Presiden Vladimir Putin untuk mendorong perdamaian di tengah perang yang terus berkecamuk. (Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo akan menemui Presiden Volodymyr Zelensky dan Presiden Vladimir Putin di Ukraina dan Rusia untuk mendorong perdamaian di tengah perang yang masih terus berkecamuk.

Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, menjabarkan sederet agenda Jokowi selama rangkaian lawatan tersebut dalam jumpa pers virtual pada hari ini, Rabu (22/6).

"Kunjungan presiden ini menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan, mencoba memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan yang diakibatkan karena perang dan dampaknya dirasakan oleh semua negara, terutama negara berkembang dan berpendapatan rendah, dan terus mendorong spirit perdamaian."


Retno juga menyoroti fakta bahwa Jokowi akan menjadi pemimpin negara Asia pertama yang melawat Ukraina dan Rusia di tengah perang ini.

Kabar pertemuan Jokowi dan Putin memang sudah santer dalam beberapa waktu belakangan. Rencana ini langsung memicu kontroversi terkait posisi Jokowi di tengah konflik kedua negara tersebut.

Sejak perang pecah pada Februari lalu, posisi Indonesia memang kerap menjadi sorotan, terutama karena peran Nusantara yang kini sedang menyandang presidensi G20, di mana Rusia menjadi salah satu anggota.

Indonesia menyatakan akan tetap mengundang Putin sebagai kepala negara anggota G20 dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) yang bakal digelar di Indonesia akhir tahun ini.

Keputusan Indonesia ini menuai kritik dari sejumlah pihak, terutama negara-negara Barat, termasuk Amerika Serikat.

[Gambas:Video CNN]

AS bahkan mengancam tak akan menghadiri rangkaian pertemuan G20 jika ada Rusia. Dalam sejumlah rapat di AS, beberapa negara Barat juga sudah menunjukkan protes dengan walk out.

Presiden AS, Joe Biden, lantas mendesak Indonesia untuk mengajak Ukraina ke KTT G20 jika memang tetap ingin mengundang Rusia.

Di sisi lain, Jokowi juga sempat berkomunikasi langsung dengan Zelensky. Dalam perbincangan itu, Jokowi juga mengundang Zelensky untuk hadir ke KTT G20.

(has/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER