Rusia Ganti Nama Jalan Kedubes AS Jadi Wilayah Separatis Ukraina

CNN Indonesia
Jumat, 24 Jun 2022 10:05 WIB
Rusia mengganti nama jalan di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Moskow menjadi 'Republik Rakyat Donetsk Square.' Rusia mengganti nama jalan di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Moskow menjadi 'Republik Rakyat Donetsk Square.' (Reuters/Maxim Shemetov)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rusia mengganti nama jalan di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Moskow menjadi "Republik Rakyat Donetsk Square" merujuk pada wilayah kelompok separatis pro-Moskow di timur Ukraina.

Kantor berita TASS melaporkan bahwa penggantian nama jalan tersebut berlandaskan pada dekrit yang ditandatangani oleh Gubernur Moskow, Sergey Sobyanin.

Dengan penggantian nama jalan ini, alamat Kedubes AS di Moskow berganti menjadi "Aula Republik Rakyat Donetsk Nomor 1, gedung 1-9." Sebelumnya, Kedubes AS berada di Jalan Bolshoy Devyatinsky Pereulok Nomor 8.


Proposal perubahan nama ini diprakarsai oleh beberapa anggota parlemen Rusia.

Warga Moskow lalu memilih suara secara daring untuk menentukan nama terbaik. CNN melaporkan nama jalan itu dipilih berdasarkan hasil pemungutan suara yang diikuti hampir 280 ribu orang.

Di sisi lain, langkah ini diambil setelah beberapa negara yang masuk daftar "tak bersahabat" mengganti jalan tempat Kedubes Rusia berada. Beberapa negara itu mencakup Lithuania, Latvia, dan Ceko.

Donetsk sendiri merupakan wilayah Ukraina yang kini dikuasai kelompok separatis pro-Rusia.

Para separatis kemudian menamai kawasan itu sebagai Republik Rakyat Donetsk. Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengakui sepihak kemerdekaan wilayah itu sebelum menginvasi Ukraina pada Februari lalu.

Saat ini, Donetsk menjadi salah satu medan tempur besar Rusia dan Ukraina. 

(pwn/has)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER