Putin ke Jokowi soal Invasi ke Ukraina: I Will Tell You Everything

rds | CNN Indonesia
Jumat, 01 Jul 2022 06:57 WIB
Putin menganggap Indonesia sebagai kawan lama Rusia dan mengaku akan membeberkan semuanya soal invasi ke Ukraina. Putin menganggap Indonesia sebagai kawan lama Rusia dan mengaku akan membeberkan semuanya soal invasi ke Ukraina. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Vladimir Putin mengaku akan membeberkan semuanya soal invasi Rusia ke Ukraina dalam pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo di Moskow pada Kamis (30/6).

Putin mengaku bahagia menjamu kedatangan Jokowi di Moskow dan menghargai misi damai yang dibawa sang presiden RI terkait konflik Rusia-Ukraina.

"Saat kita bertelepon, Anda menunjukkan kekhawatiran dan kepentingan dalam berbagai isu untuk menyelasikan krisis di Ukraina, di Donbas. Secara alamiah, saya akan memberi tahu Anda secara rinci tentang semua yang terjadi di sana dan tentang perspektif kami soal masalah ini," kata Putin kepada Jokowi.

Putin memaparkan Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hubungan sangat baik dengan Rusia selama beberapa dekade terakhir. Ia juga menganggap Indonesia sebagai salah satu mitra kunci Rusia di Asia-Pasifik. Ia tak lupa memamerkan bahwa Rusia pun pernah membantu Indonesia membangun negara di awal kemerdekaan.

"Izinkan saya mengingatkan Anda bahwa negara kita membantu Indonesia membangun kenegaraan dan memperkuat posisi RI muda di kancah internasional (di awal kemerdekaan)," papar Putin.

Meski begitu, dalam pernyataan persnya, Putin tak membeberkan hal-hal yang ia sampaikan ke Jokowi soal invasi Rusia di Ukraina.

[Gambas:Video CNN]

"Saya menginformasikan Presiden Jokowi detail terkait perkembangan di Ukraina," kata Putin tanpa menjelaskan apa-apa lagi.

Dalam pernyataannya yang dirilis Kremlin, Putin menegaskan dukungan Rusia terhadap upaya Indonesia menjadi Presiden G20 tahun ini.

Meski begitu, Putin tak menjabarkan apakah akan hadir dalam KTT G20 di Bali November mendatang.

Padahal, kehadiran Putin di KTT G20 terus menjadi sorotan publik internasional.

Sebab, sejak invasi Rusia berlangsung, sejumlah negara anggota G20 seperti Amerika Serikat, Prancis, Italia, Australia, Inggris, hingga Uni Eropa mengutuk Moskow dan menyerukan Indonesia agar memboikot kehadiran delegasi Rusia, termasuk Putin di forum tersebut.

Istana Kremlin juga mengatakan belum memutuskan apakah Putin pada akhirnya akan datang atau tidak ke KTT G20 di Bali. Meski begitu, Kremlin sebelumnya telah memastikan Putin akan berpartisipasi dalam forum tersebut.

Dikutip Reuters, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan Rusia telah memegang undangan untuk menghadiri KTT G20 di Bali dan akan memutuskan kehadiran Putin "pada waktu yang tepat".



(rds/rds)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER