Ukraina Jawab Klaim Jokowi soal Zelensky Titip Pesan ke Putin

rds | CNN Indonesia
Minggu, 03 Jul 2022 11:30 WIB
Ukraina buka suara soal klaim Jokowi yang mengaku dititipkan pesan Presiden Zelensky untuk disampaikan kepada Presiden Putin. Ukraina buka suara soal klaim Jokowi yang mengaku dititipkan pesan Presiden Zelensky untuk disampaikan kepada Presiden Putin. (Foto: dok. Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ukraina buka suara soal klaim Presiden Joko Widodo yang mengatakan dia membawa Presiden Volodymyr Zelenksy untuk disampaikan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin saat bertemu di Istana Kremlin, Moskow, pada Jumat (3/7).

Juru bicara Kantor Kepresidenan Ukraina, Serhii Nikiforov, mengatakan jika Zelensky punya pesan untuk Putin, ia akan menyampaikannya sendiri secara publik, tidak melalui perantara.

"Ada pesan apa pun, jika Presiden Ukraina ingin berbicara kepada seseorang, dia akan melakukannya secara terbuka, dalam pidato hariannya," ujar Nikiforov.

Nikiforov mengatakan pertemuan Zelensky dan Jokowi beberapa hari lalu fokus membicarakan ancaman krisis pasokan pangan global seperti gandum dan pupuk.

Sebab, sejak invasi Rusia ke Ukraina berlangsung, Moskow memblokir sejumlah pelabuhan sehingga pasokan gandum Ukraina tertahan. Padahal, Ukraina merupakan salah satu pasokan gandum utama dunia.

"Indonesia adalah salah satu importir gandum terbesar dari Ukraina, dan blokade pelabuhan Ukraina adalah fokus utama pembicaraan antara presiden [Indonesia dan Ukraina]di Kiev," ucap Nikiforov.

"Rusia memikul tanggung jawab penuh karena mengganggu ekspor [gandum Ukraina] ke Indonesia, serta ke bagian lain dunia. Dan Rusia akan bertanggung jawab atas krisis pangan yang bisa terjadi kecuali pelabuhan Ukraina segera dibuka. Inilah yang dibahas secara detail oleh Presiden Volodymyr Zelenskyy dengan Presiden Joko Widodo," katanya menambahkan seperti dikutip Ukrainska Pravda, Minggu (3/7).

Sebelumnya, Jokowi mengklaim dirinya dititipkan pesan oleh Presiden Zelensky saat bertemu di Kyiv untuk disampaikan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam pidato bersama di Istana Kremlin, Jokowi mengklaim telah menyampaikan pesan Zelensky kepada Putin.

"Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut," kata Jokowi dalam konfrensi pers di Rusia, Kamis (30/6).

Namun, Jokowi tak menjabarkan isi pesan Zelensky itu, begitu pun Putin yang tak membahas apa-apa soal invasi Rusia ke Ukraina dalam pidatonya.



(rds/rds)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER