Pamit Mundur, PM Boris Johnson Temui Ratu Elizabeth

isa | CNN Indonesia
Kamis, 07 Jul 2022 17:29 WIB
PM Inggris Boris Johnson sudah menemui Ratu Elizabeth II untuk memberitahu rencana pengunduran dirinya. PM Inggris Boris Johnson sudah menemui Ratu Elizabeth II untuk memberitahu rencana pengunduran dirinya. (Foto: AFP/DOMINIC LIPINSKI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, menemui Ratu Elizabeth II untuk memberi tahu rencana pengunduran dirinya sebagai bentuk penghormatan pada Kamis (7/7).

"Boris Johnson telah berbicara dengan Ratu Inggris sebagai bentuk penghormatan jelang pengumuman rencana pengunduran diri," demikian menurut laporan media Inggris, ITV, yang dikutip Reuters.

Lihat Juga :

Johnson dilaporkan bakal membuat pernyataan resmi di depan Downing Street No.10 untuk turun jabatan dalam beberapa jam ke depan.

Menurut laporan media Inggris, usai mengumumkan mundur Johnson akan tetap menjabat sebagai PM hingga Partai Konservatif menggelar pemilihan pemimpin baru pada Oktober mendatang.

Kabar Johnson mundur dari kursi perdana menteri muncul usai 10 menteri dan 40 pejabat kabinetnya kompak mengundurkan diri massal sejak dua hari terakhir.

Mereka yang mundur di antaranya Menteri Keuangan Rishi Sunak, dan Menteri Kesehatan Sajid Javid, Menteri Urusan Anak dan Keluarga Will Quince, Menteri Muda Transportasi Laura Trott dan Menteri Sekolah Robin Walker. Langkah tersebut kemudian diikuti sejumlah pejabat lain.

Pengunduran diri massal pejabat kabinet Johnson ini berlangsung menyusul rentetan skandal yang menjerat sang perdana menteri dan pemerintahannya.

(isa/rds)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER