Dari Israel ke Saudi, Biden Mampir di Palestina Beri Bantuan Rp1,4 T

CNN Indonesia
Sabtu, 16 Jul 2022 01:23 WIB
Setelah berkunjung ke Israel, Presiden Joe Biden singgah di Palestina sebelum melanjutkan perjalan ke Arab Saudi. Di sana, ia memberikan bantuan Rp1,4 triliun. Setelah berkunjung ke Israel, Presiden Joe Biden singgah di Palestina sebelum melanjutkan perjalan ke Arab Saudi. Di sana, ia memberikan bantuan Rp1,4 triliun. (Getty Images via AFP/Anna Moneymaker)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setelah berkunjung ke Israel, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, singgah di Palestina sebelum melanjutkan perjalan ke Arab Saudi. Di sana, ia memberikan bantuan US$100 juta (Rp1,4 triliun).

Biden mengumumkan bantuan itu saat berkunjung ke Rumah Sakit Victoria Augusta di Yerusalem Timur sebelum bertemu dengan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, di Bethlehem.

"Hari ini saya dengan senang hati mengumumkan bahwa Amerika Serikat memberikan bantuan tambahan senilai US$100 juta untuk mendukung rumah sakit seperti ini, staf Anda yang bekerja untuk warga Palestina," kata Biden, dikutip dari Reuters.

Setelah berkunjung rumah sakit dan bertemuAbbas,Biden bakal bertolak ke Arab Saudi.

Merespons kunjungan Biden, pemerintah Arab Saudi membuka jalur udaranya untuk "seluruh operator" penerbangan.

Pencabutan pembatasan ini secara otomatis mengizinkan seluruh pesawat melewati ruang udara Saudi, termasuk yang datang dari Israel.

Sebelum berkunjung ke Bethlehem, Biden menegaskan bahwa ia mendukung solusi dua negara untuk mengatasi konflik Palestina-Israel.

Namun, Biden menegaskan bahwa ia tak berencana mencabut kebijakan mantan Presiden AS Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Langkah Trump ini menuai amarah dari warga Palestina yang menganggap Yerusalem sebagai calon ibu kota ketika benar-benar merdeka kelak.

Dalam safari diplomasi di Timur Tengah kali ini, Biden disebut-sebut ingin mendorong normalisasi antara Israel dan Saudi. Namun, banyak pakar pesimistis tujuan ini dapat tercapai.

[Gambas:Video CNN]

(pwn/has)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER