6 Negara ASEAN dengan Bentuk Pemerintahan Republik

tim | CNN Indonesia
Kamis, 21 Jul 2022 13:30 WIB
Negara ASEAN terdiri atas 10 negara dengan bentuk pemerintahan republik dan kerajaan. Berikut 6 negara ASEAN bentuk pemerintahan republik. Ilustrasi. Negara ASEAN terdiri atas 10 negara dengan bentuk pemerintahan republik dan kerajaan. Berikut 6 negara ASEAN bentuk pemerintahan republik. (Getty Images/yorkfoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perhimpunan negara-negara di kawasan Asia Tenggara atau dikenal dengan sebutan ASEAN berdiri pada 8 Agustus 1967. ASEAN terdiri atas 10 negara dengan bentuk pemerintahan republik dan kerajaan.

Negara ASEAN dengan bentuk pemerintahan republik, yaitu Indonesia, Vietnam, Filipina, Myanmar, Laos, dan Singapura. Sementara yang berbentuk kerajaan, yakni Malaysia, Thailand, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Negara dengan pemerintahan republik artinya memiliki pemimpin yang berasal dari rakyat, seperti presiden dan perdana menteri. Artinya, pimpinan tersebut bukan dari keturunan kerajaan atau bangsawan.

Para negara ASEAN yang berbentuk republik ini memiliki perjalanan sejarah masing-masing. Ada yang mulanya berbentuk kerajaan sampai akhirnya berubah menjadi republik.

Namun, ada juga yang begitu lepas dari penjajahan asing langsung membentuk republik. Kemerdekaan pun mereka dapat pada tahun yang berbeda-beda.

Berikut negara ASEAN dengan bentuk pemerintahan republik beserta penjelasannya.

1. Indonesia

Student with Indonesian flagIndonesia adalah negara ASEAN dengan bentuk pemerintahan republik (Istockphoto/ Yamtono_Sardi)

Indonesia merupakan negara ASEAN dengan bentuk pemerintahan republik sejak merdeka menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada 17 Agustus 1945.

Bentuk pemerintahan republik ini berdasarkan konstitusi yang sah, yaitu Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 (UUD 1945). Pimpinan tertinggi adalah presiden.

Saat ini, pemilihan presiden dilakukan melalui penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) sesuai azas demokrasi. Indonesia sudah memiliki tujuh presiden sejak merdeka dan berbentuk republik.

Sebelum merdeka dan memiliki pemerintahan republik, ada banyak kerajaan di Indonesia, seperti kerajaan bercorak Budha, Hindu, sampai Islam.

Namun, tidak ada satu kerajaan yang benar-benar menguasai Indonesia secara menyeluruh dan satu kesatuan, masing-masing memiliki wilayah kekuasaan sendiri.


2. Vietnam

Bendera Vietnam berkibar di antara bangunan kuno dan baru di kawasan Nguyen Trung tuc kota Ho Chi Minh, Vietnam. CNN Indonesia/Safir MakkiVietnam adalah negara ASEAN dengan bentuk pemerintahan republik (CNN Indonesia/Safir Makki)

Negara ASEAN dengan bentuk pemerintahan republik selanjutnya adalah Vietnam. Namun berbeda dengan Indonesia yang menganut asas demokrasi, negara yang merdeka dari penjajahan Prancis sejak 2 September 1945 itu menganut sosialisme.

Kepala negara dipimpin oleh presiden, sementara kepala pemerintahan oleh perdana menteri. Perdana menteri mengepalai tiga deputi perdana menteri dan 26 menteri serta perwira.

Majelis Nasional Vietnam adalah badan pembuat undang-undang pemerintah sekaligus pemegang hak legislatif. Majelis ini lebih tinggi dari eksekutif dan yudikatif.

Seluruh anggota kabinet berasal dari Majelis Nasional Vietnam. Semua bagian dari pemerintah Vietnam secara besar dikontrol oleh Partai Komunis.


3. Filipina

Philippine outgoing President Gloria Macapagal Arroyo (C-bottom) holds the rope during the flag raising ceremony on its 112th anniversary of the proclamation of Philippine Independence in Manila on June 12, 2010.  Arroyo will transfer her power to newly-elected President Benigno Aquino on June 30. AFP PHOTO/ NOEL CELIS / AFP PHOTO / NOEL CELISFilipina adalah negara ASEAN dengan bentuk pemerintahan republik (AFP PHOTO / NOEL CELIS)

Filipina menjadi negara ASEAN dengan bentuk pemerintahan republik karena mengikuti sistem pemerintahan Amerika Serikat.

Negara yang terletak di utara Indonesia itu mengikuti sistem pemerintah AS karena masa penjajahan Spanyol dan Inggris selama lebih dari 250 tahun akhirnya diakuisisi Negeri Paman Sam pada 10 Desember 1898.

Setelah itu, Konstitusi Malolos membentuk Republik Filipina pada 21 Januari 1899. Namun, saat itu Filipina belum merdeka karena masih di bawah kuasa AS.

Filipina baru merdeka pada 4 Juli 1946, lalu meneruskan pemerintahan republiknya sendiri. Fungsi kepala negara, kepala pemerintahan, dan panglima tertinggi angkatan bersenjata dipimpin oleh presiden.

Seperti halnya Indonesia, presiden dipilih melalui pemilihan umum, namun masa jabatannya lebih panjang, yaitu enam tahun. Sementara dewan legislatif Filipina terdiri atas kongres senat dan dewan perwakilan yang sama-sama dipilih melalui pemilu.

Gif banner Allo Bank

Negara ASEAN berbentuk pemerintahan republik, lanjut halaman dua...

Negara ASEAN Bentuk Pemerintahan Republik

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER