CIA Beberkan Kondisi Putin yang Dirumorkan Sakit

CNN Indonesia
Sabtu, 23 Jul 2022 13:36 WIB
Intelijen AS CIA buka suara soal rumor kondisi Presiden Rusia Vladimir Putin yang dikabarkan terus memburuk. Intelijen AS CIA membantah rumor terkait kondisi Presiden Rusia Vladimir Putin yang dikabarkan terus memburuk. (Foto: via REUTERS/SPUTNIK)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pusat Badan Intellijen Amerika Serikat (AS) CIA akhirnya buka suara terkait terkait kondisi Presiden Rusia Vladimir Putin yang dikabarkan terus memburuk.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina berlangsung pada Februari 2022,Putin terus menjadi sorotan, terutama soal kondisi kesehatannya yang dirumorkan memburuk. Bulan lalu, Kepala intelijen Ukraina Mayor Jenderal Kyrylo O Budanov, bahkan memprediksi sisa usia Putin tinggal dua tahun lagi karena penyakit berat yang diderita.

Direktur CIA William Burns membantah rumor itu dan mengatakan bahwa Putin benar-benar terlalu sehat. Burns membeberkan hal itu di hadapan hadirin dalam pertemuan keamanan tahunan Aspen Institute minggu ini.

Burns menambahkan bahwa apa yang dikatakannya bukan merupakan penilaian CIA secara formal. Namun, ia mengakui bahwa memang banyak desas-desus tentang kondisi kesehatan Putinbelakangan ini.

"Dan sejauh yang kami tahu, dia (Putin) sepenuhnya sangat sehat," kata Burns seperti dikutip CNN, Sabtu (23/7).

Rumor berkaitan dengan kondisi kesehatan Putin memang bukan hal baru. Banyak yang mengamati dan meneliti segala bahasa tubuh, ucapan dan gaya berjalan Putin.

Apalagi saat ia menghilang dari pandangan publik selama beberapa hari. Hal tersebut langsung memicu spekulasi intens dari awak media.

Kremlin pun tidak tinggal diam. Spekulasi soal kesehatan Putin selalu dibalas dengan ejekan. Pada Kamis, jubir Dmitry Peskov mengatakan bahwa Putin baik-baik saja dan dalam kesehatan yang baik.

Dia pun menyebut spekulasi soal kesehatan Putin tidak lain hanyalah tipuan.

Selain soal kesehatan Putin, Burns mencatat lingkaran penasihat terpercaya orang nomor satu di Rusia ini juga terus diperkecil.

Selama pandemi Covid-19, Putin bahkan mengambil jarak fisik cukup jauh seperti terlihat dalam pertemuannya dengan pemimpin negara lain. Ia dan delegasi negara lain dipisahkan oleh meja yang sangat panjang.

Dari sini semakin terlihat jarak sosial ekstrem yang dibangun Kremlin demi melindungi kesehatan fisiknya.

Tak hanya itu, Putin juga tak jauh dari rumor hubungan asmara dengan perempuan muda. Ia resmi bercerai dengan Lyudmila Shkrebneva pada 2014. Namun pada 2008, ia disebut menjalin hubungan istimewa dengan pesenam Olimpiade Alina Kabaeva.

Dilansir dari Today, hubungannya dengan Kabaeva disebut-sebut jadi penyebab perceraiannya dengan istri yang memberinya dua orang anak ini.



(els/dzu/rds)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER