Gempa M 7,3 di Filipina Hancurkan Situs Bersejarah UNESCO

CNN Indonesia
Rabu, 27 Jul 2022 12:48 WIB
Gempa Magnitudo 7,3 yang mengguncang Filipina pada Rabu (27/7) menghancurkan salah satu situs bersejarah yang terdaftar di UNESCO. Situs bersejarah UNESCO Vigan di Ilocos Sur, Filipina, hancur karena gemoa M 7,3. (AFP/-)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gempa Magnitudo 7,3 yang mengguncang Filipina pada Rabu (27/7) menghancurkan salah satu situs bersejarah yang terdaftar di Organisasi Pendidikan, Sains, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).

Sebagaimana dilaporkan CNN Filipina, pemandu wisata di situs bersejarah Vigan, Ilocos Sur, menunjukkan sejumlah kerusakan bangunan di sana.

Dalam foto yang dirilis CNN Filipina dalam Twitter, tampak reruntuhan tembok memenuhi jalanan kota itu. Pada gambar lain, terlihat dinding gedung di sana runtuh dan menyisakan bata merah.

Tampak pula reruntuhan seng berwarna hijau yang ditemani dengan puing tembok besar di foto tersebut.

[Gambas:Video CNN]

Sebagaimana ditulis UNESCO, Kota Vigan merupakan salah satu contoh terbaik dari suasana kota Spanyol pada masa kolonial yang berada di Asia.

Selain merusak beberapa bangunan, sebuah video menunjukkan sejumlah orang berupaya menyelamatkan diri saat bebatuan dan debu jatuh dari Menara Bantay Bell kala gempa. Menara itu terletak di Kota Vigan.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) melaporkan gempa tektonik tersebut terjadi di Tayum, Provinsi Abra pada pukul 08.43 waktu setempat.

Phivolcs juga menyampaikan kemungkinan gempa susulan terjadi.

Gempa ini menyebabkan kerusakan di beberapa gedung dan jalanan.

(pwn/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER