AS Kucurkan Bantuan US$550 Juta Perkuat Sistem Roket Ukraina

CNN Indonesia
Selasa, 02 Agu 2022 01:45 WIB
Paket baru senilai US$550 juta akan mencakup lebih banyak amunisi untuk sistem roket canggih mobilitas tinggi atau dikenal sebagai HIMARS. Ukraina dalam invasi Rusia. (REUTERS/YVES HERMAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Amerika Serikat mengumumkan kelanjutan bantuan persenjataan kepada pasukan Ukraina yang memerangi Rusia, termasuk amunisi untuk peluncur roket dan senjata artileri yang semakin penting.

Paket baru senilai US$550 juta akan mencakup lebih banyak amunisi untuk sistem roket canggih mobilitas tinggi atau dikenal sebagai HIMARS.

"Serta amunisi untuk artileri," ujar juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby dikutip dari AFP.

Ini menjadikan total bantuan militer yang diberikan kepada Ukraina sejak Presiden Joe Biden menjabat menjadi lebih dari US$8 miliar.

Bantuan AS kepada Ukraina diumumkan tak lama berselang Presiden Rusia Vladimir Putin memamerkan persenjataan baru miliknya.

Putin menyatakan angkatan lautnya akan memiliki teknologi rudal hipersonik baru dalam beberapa minggu ke depan.
Putin mengklaim uji coba rudal yang dinamai 3M22 Zicron itu telah selesai dan bisa langsung dioperasikan Angkatan Laut Rusia akhir tahun ini.

Ia mengatakan rudal itu akan dipasang di kapal fregat Admiral Gorshkov dan penempatan akan bergantung pada kepentingan Rusia saat itu.

"Kunci utama di sini adalah soal kapabilitas Angkatan Laut Rusia yang akan dapat menanggapi secepat kilat seluruh pihak yang ingin mengganggu kedaulatan dan kebebasan Rusia," kata Putin dalam pidatonya di Peringatan Hari Angkatan Laut Rusia di St Petersburg pada Minggu (31/7), seperti dikutip Reuters.

(ain/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER