7 Negara yang Memiliki Cadangan Batu Bara Terbesar di Dunia

tim | CNN Indonesia
Kamis, 04 Agu 2022 12:15 WIB
Negara yang memiliki cadangan batu bara terbesar di dunia berikut juga dikenal sebagai pengguna terbesar di dunia. Negara yang memiliki cadangan batu bara terbesar di dunia berikut juga dikenal sebagai pengguna terbesar di dunia. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Negara yang memiliki cadangan batu bara terbesar di dunia mayoritas berasal dari benua Asia, Eropa, dan Amerika. Selain menjadi penghasil batu bara, negara-negara berikut dikenal juga sebagai pengguna terbesar di dunia.

Amerika Serikat adalah negara yang berada di puncak daftar pemilik cadangan batu bara terbesar. Mengutip laman Mining Technology, lebih dari seperlima dari total cadangan batu bara dunia berada di Negeri Paman Sam tersebut.

Batu bara merupakan salah satu sumber energi utama berharga di dunia. Komoditas yang dijuluki sebagai emas hitam tersebut banyak dimanfaatkan sebagai bahan bakar industri hingga pembangkit listrik.

Selain itu, batu bara juga memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, seperti untuk memasak dan pemanas rumah.


Negara yang Memiliki Cadangan Batu Bara Terbesar di Dunia

Ilustrasi Batu baraIlustrasi. Daftar negara yang memiliki cadangan batu bara terbesar di dunia (bycfotografem/Pixabay)

Berikut negara dengan cadangan batu bara terbesar dunia, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat memiliki cadangan batubara terbesar di dunia dengan total 254,19 juta metrik ton, setara dengan 22 persen atau lebih dari seperlima dari jumlah total batubara di dunia.

Cadangan batubara di Amerika Serikat tersebar di beberapa wilayah seperti Montana, Wyoming, Illinois, West Virginia, Kentucky, dan Pennsylvania. Wilayah tersebut menampung lebih dari tiga perempat dari total cadangan batubara di dunia.


2. Rusia

Pada posisi kedua ditempati oleh Rusia. Merujuk data Worldometer, negara terluas di dunia ini memiliki pasokan batu bara terbanyak setelah Amerika Serikat dengan jumlah total 176,77 juta metrik ton, atau sekitar 15 persen dari jumlah total batu bara di dunia.

Daerah utama penghasil batu bara di Rusia terdapat di Moskow, Pechora, Kuznetsk, Irkutsk, Kansk-Achinsk, dan Yakutsk Selatan. Penggunaan batubara di negara ini lebih dari dua pertiga jumlah produksi.


3. Australia

Cadangan batu bara di Australia sebesar 159,6 juta metrik ton, atau setara 14 persen dari total cadangan batu bara di dunia. Wilayah penghasil batubara di negara ini sebagian besar berada di New South Wales dan Queensland.

Hasil produksi batu bara di negara ini hanya sedikit digunakan, selebihnya diekspor sehingga menjadikan negara ini sebagai eksportir batu bara terbesar kedua di dunia.


4. China

FILE PHOTO: A coal-burning power plant can be seen in the city of Baotou, in China's Inner Mongolia Autonomous Region, October 31, 2010.  REUTERS/David Gray/File PhotoChina adalah salah satu negara yang memiliki cadangan batu bara terbesar di dunia. (REUTERS/David Gray)

Negara yang memiliki cadangan batu bara terbesar di dunia selanjutnya adalah China. Negara tirai bambu ini memiliki cadangan batu bara sebesar 149,8 juta metrik ton atau sekitar 13 persen dari total dunia.

Wilayah penghasil batubara terbanyak di China berada di provinsi Shanxi dan Mongolia Dalam. China merupakan produsen sekaligus konsumen batubara terbesar di dunia.

Produksi batubara di China mencapai 3,55 Bt batubara atau sekitar 46,7 persen dari total produksi batubara dunia. Sementara konsumsi batubara di negara ini lebih dari 50 persen dari total dunia.


5. India

Negara India memiliki cadangan batu bara sebesar 107,05 juta metrik ton, atau sekitar 9,4 persen dari total batu bara dunia. Cadangan batubara di negara ini terletak di negara bagian timur Jharkhand, Chhattisgarh, Orissa, dan Benggala Barat.

Sama seperti China, India merupakan produsen sekaligus konsumen batubara terbesar di dunia. India mengimpor batu bara sebanyak 12 persen dari total konsumsi batu bara dunia. Ini menjadikan India sebagai importir batu bara terbesar kedua di dunia setelah China.


6. Jerman

Jerman merupakan negara di benua Eropa yang memiliki cadangan batu bara terbesar dengan total 39,8 juta metrik ton atau sekitar 3,5 persen dari total batu bara dunia.

Wilayah penghasil batu bara di Jerman terletak di bagian Utara Rhine-Westphalia. Jerman memproduksi batubara sebanyak 1,2 persen dari total produksi batu bara dunia.


7. Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan di benua Asia yang memiliki banyak sumber daya alam, termasuk batu bara. Jumlah cadangan batu bara di Indonesia tercatat sebanyak 34,8 juta metrik ton. Jumlah ini setara dengan 3,2 persen dari total batu bara dunia.

Wilayah utama penghasil batubara di Indonesia berada di Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan. Indonesia merupakan produsen batu bara terbesar keempat di dunia yang sebagian besar dipasok untuk kebutuhan pasar Asia termasuk China dan India.

Selain yang disebutkan di atas, negara lain yang juga memiliki cadangan batu bara terbesar antara lain Ukraina, Afrika Selatan, Polandia, dan Kazakhstan. Demikian daftar negara yang memiliki cadangan batubara terbesar di dunia.

Gif banner Allo Bank
(mrs/fef)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER