3 'Hukuman' China ke Taiwan Gegara Sambut Lawatan Pelosi

isa | CNN Indonesia
Kamis, 04 Agu 2022 09:07 WIB
China bereaksi setelah mengetahui Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, nekat tetap mengunjungi Taiwan pada Selasa (2/8) hingga melakukan serangkaian respons keras. Presiden China Xi Jinping (kiri) dan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (kanan). (Foto: REUTERS/Carlos Garcia Rawlins/Ann Wang)
Jakarta, CNN Indonesia --

China marah dan segera bereaksi keras ketika mengetahui Ketua Dewan Perwakilan (DPR) Amerika Serikat, Nancy Pelosi, ngotot mengunjungi Taiwan pada Selasa (2/8).

China bertekad menghukum setiap pihak yang menyinggung setelah Beijing dibuat marah gegara lawatan Pelosi.

Pemerintahan Presiden Xi Jinping menganggap lawatan Pelosi ke Taiwan melanggar kedaulatan negara serta prinsip Satu China. Kunjungan itu pun dinilai China akan mengirim sinyal yang keliru kepada Taipei yang ngotot ingin merdeka.

China tak main-main soal peringatan itu. Selain ultimatum, Beijing juga telah melakukan serangkaian aksi menanggapi lawatan Pelosi.

Berikut deret "hukuman" China untuk Taiwan gegara kunjungan Pelosi:

1. 'Kepung' Taiwan dengan Latihan Militer

Di hari yang sama dengan lawatan Pelosi, China segera mengumumkan latihan militer besar-besaran termasuk simulasi tempur dan tembak-menembak di enam titik mengelilingi Taiwan.

"Tindakan ini merupakan pencegah serius terhadap eskalasi besar baru-baru ini dari tindakan negatif Amerika Serikat soal isuTaiwan, dan peringatan serius bagi pasukan 'kemerdekaan Taiwan' yang mencari 'kemerdekaan,'" kata Kolonel Shi Yi, juru bicara Komando Militer Teater Timur China, melalui pernyataan seperti dikutip CNN.

Kementerian Pertahanan China mengatakan militer China "dalam siaga tinggi dan akan meluncurkan serangkaian operasi militer yang ditargetkan untuk melawan situasi saat ini dengan tegas mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial, dan dengan tegas menggagalkan campur tangan kekuatan eksternal dan skema pemisahan kemerdekaan Taiwan".

[Gambas:Video CNN]

Dalam langkah yang tidak biasa, media pemerintah China juga mengunggah di Twitter sebuah peta yang menunjukkan enam daerah di sekitar Taiwan yang akan menjadi lokasi latihan militer tentara Negeri Tirai Bambu tersebut.

Latihan militer itu akan dimulai hari ini, Kamis hingga Minggu di Selat Taiwan. Beberapa area latihan militer itu berjarak 12 mil atau hanya sekitar 19 km dari Taiwan.

Sejak awal pekan ini, China juga kembali getol mengirim puluhan jet tempurnya menerobos zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan. Pada Rabu malam, 27 jet tempur China kembali menerobos ADIZ Taiwan.

Taiwan pun bersiap menghadapi provokasi militer China setelah lawatan Pelosi ini membuat murka Negeri Tirai Bambu.

Berlanjut ke halaman berikutnya >>>

3 'Hukuman' China ke Taiwan Gegara Sambut Lawatan Pelosi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER