China Intai Taiwan Pakai Drone Sebelum Luncurkan Rudal Dongfeng

CNN Indonesia
Jumat, 05 Agu 2022 04:20 WIB
China sempat mengerahkan drone ke Pulau Kinmen, Taiwan, pada Rabu (3/8), sebelum Beijing menembakan rudal Dongfeng, Kamis (4/8). Foto ilustrasi. Drone China. (REUTERS/ALY SONG)
Jakarta, CNN Indonesia --

China sempat mengerahkan drone ke Pulau Kinmen, Taiwan, pada Rabu (3/8), sebelum Beijing menembakkan rudal Dongfeng, Kamis (4/8).

Komando Pertahanan Kinmen menyampaikan bahwa pesawat tanpa awak atau drone sempat terbang di atas Pulau Kinmen dan Pulau Beiding pada Rabu (3/8) malam. Drone tersebut terbang di ketinggian sekitar 2.000 meter.

Lihat Juga :

Menurut Mayor Jenderal Chang Zone Sung dari Komando Pertahanan Kinmen, sebanyak dua drone terbang di atas ruang udara Kinmen dua kali, yakni sekitar pukul 21.00 dan 22.00 waktu setempat.

Chang percaya drone tersebut dikerahkan untuk mengumpulkan intelijen terkait pertahanan Taiwan di kepulauan luar.

Insert - 6 Titik Latihan Menembak China 'Kepung' Taiwan6 Titik Latihan Menembak China 'Kepung' Taiwan. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)

Kementerian Pertahanan Taiwan menuturkan Komando Pertahanan Kinmen merespons kemunculan drone China sesuai prosedur operasi pada umumnya. Militer Taiwan juga menembakkan suar untuk mewanti-wanti drone itu agar pergi dari ruang udara Taiwan, dikutip dari Taiwan News.

Sementara itu, Kemhan Taiwan menuturkan ini merupakan pertama kalinya drone China masuk ke ruang udara Kinmen.

[Gambas:Video CNN]

Pengerahan drone China ini terjadi sehari sebelum Beijing melangsungkan latihan militer pada Kamis (4/8). Dalam latihan itu, China mengerahkan sejumlah rudal balistik Dongfeng dan menyulut amarah Taiwan.

Pemerintah Taiwan menilai tindakan itu tidak rasional dan merusak perdamaian regional, dikutip dari AFP.

(pwn/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER